Gunung Kembang via Blembem

Lama kali ya ndak nulis padahal udah jalan beberapa gunung. Lagi mood nulis mt.kembang kuy mari baca.
Berawal dari story wa temen yg pernah nanjak bareng, inti story nya ajakan utk naek mt.kembang 20-21 oktber. Ku komen tuh “meluuu”. Jadilah kita kuy ber 6, orang-orangnya beberapa sudah saya kenal.
Waktu kumpul disalah satu rumah temen yg juga ikut nanjak, ku baru tau ternyata ada yg couple, duh iki sih ngeterke wong pacaran -_-. Formasi kita pas sih 3co-3ce, you know lah cewek emang sukanya nebeng.
Kita dari jogja tepatnya kasihan bantul jam 18.00 lebih sampai di basecamp blembem kertek jam 22.00an. lama ya, mungkin karena kita mampir2, sholat, beli logistik. Oh ya habis pasar kertek kita sempat tak tau arah harus kemana untung ada GPS, lagi2 gua yg disuruh navigator, sungguh sebenarnya aku tak suka, untung daah kaga nyasar walaupun jalan yg kita lalui ada beberapa point yg off road.
Nyampe BC blembem kita santai dulu, makan yg pada laper, toilet dulu, ngulur boyok sikik lur. Akhirnya kuy jalan sekitar 23.00 berdoa lantas jalan. Berasa suhunya gak terlalu dingin, ya mungkin karena masih jaketan haha.
Dikatakan sama orang BC trek yg berat akan berasa setelah trek hutan kelar, batas vegetasi. Yah nanti dibaca ya, seberapa gregetnya mt.kembang yg 2320mdpl tp perkiraan nyampe puncak 4jam. Oh ya tambahan katanya jangan camp di hutan. Area camp luas hanya ada di puncak.
Lanjuut ….
Keluarin lah semua senter, awal trek melewati perkebunan teh nan luas, malem sih ya jadi ga terlalu “ngeh” seberapa luasnya. Tanda arah nya lumayan kelihatan sih pake belahan bamboo yg dikasih tanda panah merah, sama bendera, atau raffia, beberapa titik waktu memutari perkebunan teh ada tanda yg tak terlihat. Jadi pake ilmu kira2, untungkaga nyasar ya. Oh ya mt kembang ini ada 4 pos: liliput, simpang 3, akar, tanjakan mesra, puncak. Kalau ga salah ingat sih itu.
Kebun tehnya luas banget cuy, bertingkat makin tinggi, view siang pasti cantik dah. Kelompok kita ada yg lagi ga sehat mas R couplenya mb O, mutah2 dijalan, tp habis muntah enakan katanya. ternyata masnya baru perdana ndaki, lantas tasnya dibawain yg biasa posisi belakang alias sapu bersih, si pakce, udah bawain tenda kaps 4, logistic kita, masih ditambahin tas mas R, da real our porter. Kalau ga bawa tas emang enteng sih ya, jadi inget pendakian pertama, ya ga jauh2 kayak si mas R itu lah, hehe.
cuplikan sepetak kebun teh

Waktu di area perkebunan ketemulah kita sama 2 pendaki sebut saja paijo dan tayo, 2 pendaki yg sudah berumur, yg satu sudah berkeluarga dan punya anak 3 namun masih 30 awal, yg satu ndut masih single gokilnya kaga ketulungan apapun yg dia katakan akan ditertawain sama kita, wonge ndagel tenan gaes.
Dari situlah kita akhirnya jalan bareng jadi satu tim, tim pejalan selow liat tempat landai dikit istirahat lama, soalnya ada efek ngantuk-ngatuknya juga, hari sudah malam gaes. Saking selownya banyak kali di salip pendaki laen yg rata-rata jalan berdua cowok-cewek, baper? Kagak, cuma dikit haha. Sesuai pengalaman yg dulu-dulu, emang enak sih jalan berdua doang, soalnya gaperlu lama-lama nunggu temen lain, jalan ya tinggal jalan aja ye kan, berdua kan enak koordinasinya. Well, mari lanjut…
Jalan 1 jam baru lah kita sampai di spanduk “selamat datang di kandang celeng”. Kebun teh paling atas viewnya mantul. Memasuki area hutan ini nih yg dikatakan mistis oleh orang BC. Leader yg didepan diubah jadi mas B, yg terkenal penakutnya. 2 dibelakangnya ada aku dan mb N, cewek semua, kita bertiga jalan duluan keburu ngantuk gas tipis-tipis lah ya gaes. Baru jalan berapa meter dah si abang B leader kita yg jalan didepan teriak-teriak “oey, ayok jalan bareng wae” alhasil mereka yg dibelakang yg rencana mau nyusul agak lama-an jadilah bergerak jalan “dasar bocah penakut”. Suasananya emg hening bener sih agak horor, yaiyalah ga ada yg nyetel mp3. Sepanjang jalan aku mengamati flora/taneman dipinggir jalur emang macem2 betul, banyak kali macamnya, dan banyak juga yg baru aku lihat disitu, benarlah jika mt.kembang memiliki beribu macam flora yg beranekaragam. Bahkan banyak siput2 mini lucu dengan/tanpa cangkang di tumbuhan2 situ, disuguhi hal baru seperti itu pun rasa seneng campur syukur begitu terasa walaupun tak terucap.  Begitulah salah satu nikmatnya naik gunung, rasa syukur seneng capek yg begitu dalam dirasakan namun tak mampu diucapkan/dideskripsikan, all you have is to see it directly and u’ll know the feelin.
Entah kita yang jalannya lama atau emang treknya nanjak betul. Kebun the nan luas yg sudah terlewati aja jika diibaratkan pemanasan sudah terlampau panas. Apa lagi trek hutan yg tanpa ampun ini, gak ada bonusnya, ada sih beberapa titik yg enak buat istirahat tp ya ga datar banget.
Apalah arti trek berat jika dilalui bersama dengan gurauan dan candaan mesra eaa, kaga ada mesranya dink. Jalan kita tak mudah, diselingi guyonan receh sebagai pengobat lelah, istirahat minum makan pengobat kencot, kita dari jawa dengan bahasa yg alus (jogja, magelang, wonosobo) tp mereka pinter2 betul bikin logat ngapak ala2 orang banyumas. Guyonan pengobat lelah.
Oh ya, kita sih habis hutan lebat terbagi menjadi 2 tim, tim depan 3orang:aku, mz B, dan paijo. Sisanya di belakang. Karena jauhan ya, kita kode-kodean pake teriakan “hei tayooo”, jadi tau dah seberapa jauh mereka tertinggal dibelakang.
Gua tiap kali trek kemiringan tinggi biasanya sekali melangkah kan pake energi besar kan tuh, nah tanpa sadar gw sering ngeluarin kata “uh” sambil naik trek. Etdah ada yg nyeletuk “ora ah-uh nduk, marai howo” wkwkw, anjaaay. Yang biasa manggil “nduk” ya si papa muda. Ya ampun apa bener-bener kecil gitu ya gw, sampe dipanggil nduk serasa anak sendiri. Dan seorang lagi manggil dede emesh.
Selesai hutan tuh batas vegetasi ada sabana tp nanjak juga. Habis itu tanjakan mesra, huaah sungguh sangat mesra sekali, bikin kaki enak haha, berapa derajat itu yak barang kali ada kalau 70derajat kemiringannya, entah lah ilmu kira2.
Jam 4 terdengar suara azan, alhamdulilah tim depan udah mau sampai puncak(camp ground). Sampailah kita di puncak sekitar jam 4.10 dan tayoo2 tim belakang kaga kedengeran sepertinya mereka buka camp diatas batas vegetasi. Porter/pakce pembawa tenda ditunggu tak kunjung datang, yaudahlah alhasil keluarin matras, SB tiduur beratapkan suasana menjelang sunrise. Tp sebelum itu tentulah sholat subuh dulu. Sunrise di timur emang aduhai tp apalah daya mata dan otak tak mampu menahan kantuk, tidurlah buka-an gitu tanpa tenda. matrasnya 2, saya sendirian, cwok 2 joinan.
sempet nyunrise bentar

Hari sudah terang namun masih dingin sekitar jam 6.15 nyeduhlah kopi dan coklat. Untung aku bawa kompor dan ada yg bawa mangkok stainless. Lantas bikin mie, apes dah karena aku di tim itu cewek sendiri jadilah bahan bullyan disuruh bikin ini itu, padahal mah biasanya juga cowok yg masak kalo digunung -_-. Kaga papa dah cuma bikin mie 3 porsi doang juga. Ya karena logistic ada di tim belakang, yg belum juga kunjung datang.
bangun tidur kuterus selpi

gelar matras, SBan, tanpa tenda. lantas seduh kopi/soklat

Jam 7an 1 orang mb N sampailah juga dipuncak, disusul bang tayoo, trus pakce. Yg ga naek ke puncak si couple mb O dan mz R.
Jam 8an gw berasa mau kencing, kok ya jam segitu dimana hari sudah terang mana semak2 di area puncak tak begitu tinggi2, dan tenda ada dimana mana -_-. Ajakin mb N nyari semak ketemu satu yg pas walaupun deket tenda dan ada mas-mas yg disono, yakinlah kalau jongkok kaga keliatan. Ketika semua cairan keluar dan begitu melegakan, aaahh sungguh nikmat haha. Cewek suka deg-degan kalo pipis karena memperhatikan sekitar benar2 aman, mungkin agak beda ya kalo cowok?
Hunting foto lah seperti biasa.
posenya emang suka nyeleneh -_-

tengah yg suka manggil nduk, pinggir yg suka manggil dede emesh

Kepuncak bawaannya tisu basah, ntaps haha.
“kui tisu opo?” “tisu basah” “tak kiro tisu magic” “apaan tuh tisu magic” “waah dedek emesh, durung cukup umuur”, bahan bullian gua dah.
kepuncak bawaannya tisu basah. yah gimana, habis nyemak

Koleksi foto dirasa cukup lantas turun, menghampiri tenda yg dipasang dibawah, kemas2, packing, turuuun. tumben kali ini kaga banyak foto2. karena seberapapun banyaknya foto hanya 1 yang diupload di IG, haha, kuy follow ig ku @aphyut sekalian promosi dah.
Di tenda istirahat lama, panas bener sumpeh. Adaa aja kerjaan bang tayo ngerjain pendaki lain. Tiap kali ada rombongan yg lewat jalur deket tenda dia teriak “heeei!” otomatis pendaki lain kan tengok ya, habis itu bang tayo nyanyi “hee tayo hee tayoo, si bus kecil ….” Anjaaay, mana totalitas kaga pake ketawa lagi pas ngerjain. Kita mah dibuat ketawa mulu sama ini bang ndut. Bener-bener daah. Para pendaki pekok yg ngangenin. Karena itu kita suka manggil dia mas/bang tayo.
Trek turun licin karena tanah kering, mantep debune, aku sih fully protected; slayer plus kacamata.
kuy turun

full protection

Temen kita ada yg cedera si pakce keseleo engkel atau apalah itu namanya yg disendi kaki bawah. Tp alhamdulilah masih bisa jalan ya walaupun susah, pincang2. Gws pakce :D
Kita jalan turun super santai aku sama mb N duluan gas tipis2 didepan. Balada turun berdua cewek2, kadang berasa dikerjain balik sama pendaki lain. Pas di kebun teh suruh tengok sama mas yg dibelakang bawa kamera, entah difotoin beneran apa kaga. Pas dikebun teh juga tiba-tiba cowok tim lain manggil “afi!”, tengok lah aku. Lantas gua nyadar ternyata kan di matrasku ada tulisan AFI gede gitu bisa kebaca dijarak sampai 3m, haha dasaar.
Sampe BC dipertanyain hal yg sama oleh tayoo bener2 dah dikerjain pertanyaan yg sama “kui tisu opo” “tisu basah” “tak kiro tisu magic” “opo kui tisu magic?” “cobo tekon mas e pendaki mburimu kui, opo searching google” anjaay mau nanya mas itu tp kaga kenal, akhirnya searching juga di google, wkwk anjay tisu magic mah buat cowok. Besok2 kalo ditanyain pertanyaan yg sama mau tak jawab “nggo ngopo dah nek aku tisu magic, eneng e yo kowe sik dolanan tisu magic mas”.
Sampai BC jam 13 sekian, mau ke toilet ngantri banyaak bener, maklum toilet hanya ada 2 dengan pendaki yg hampir memenuhi BC ya ga seimbang.
Bersih2 mandi sholat laalalala lanjut balik jogja habis asar, berkabuut ah I loved it, sejuk bener, sudah lama gak liat kabut.
yuk ah bang, jadi mau ajak kuy kemana lagi?