Sunrise Gunung Api Purba

Sabtu sore awal Januari perjalanan mendaki untuk yang kedua kali setelah merbabu, tapi pertama kali di gunung api purba, padahal  lokasinya terjangkau cuma di pathuk gunung kidul, yah lumayan dekat dari bantul cuma terhitung 45 menit-lah.
Jam 5 dijemput mb vegi, terus gas ke barongan soalnya 1 temen cowok udah nunggu disana. Rempong bener, mondar-mandir sana sini beli arang, mie, makanan, nyoto juga(yang ini mb vegi aja, soalnya belum maem), temennya ini klop bener sama mb vegi, yaa sama passion dan latar belakang FIK UNY sama2 guru olahraga, istilahnya bisa ngobrolin hal yang nyambung udah kayak reunian, ya walaupun beda angkatan. Cowok ini namanya mas tamrin angkatan 2011, lulus tahun ini kayaknya.  Pas nyampe basecamp aku ditanyain sama mz tamrin "durung tau ndaki nglangeran mb?" "durung" "wong bantul kok rung tau" seeem -_-, ni anak cepet akrab. Disini udah ditunggu juga sama 1 org cowok temennya mb vegi juga. Namanya mas agung eh aji, well kayaknya namanya agung aji, jadi panggil yang mana saja boleh. Mas ini nih yang bawa 2 tenda kompor nesting dll, cariernya kayak kulkas men. Masnya sebagai tertua (eh tapi kayaknya tuaan mb vegi sih) dan dia expert in hiking, pengalaman mendakinya banyak.
Err, mari berlanjut, udah ya kenalannya. Sampai basecamp jam 7 lebih, sholat isya dan pipis dulu sebelum naik, trus berdoa yang dipimpin mas aji. Well kita naik sekitar jam 7.45. Treknya gunungapi purba ini berbatu-batu dan udah dibuat undak-undakan gitu dan ada pengaman kanan kiri, buat pegangan, beda banget sama merbabu yang ketika kemarau berdebu, licin tanah kering. Bahkan disini sempet ada  yang kanan kiri batu besar trus jalannya sempit banget kayak mengapit gitu, kasian sih yang bawa carier besar, nyangkut2 gitu. Well tapi itu terlewati kok. Gunung api purba ini cuma ada 1 jalur aja jadi semua yang naik ya lewat jalur yang sama, ada 3 pos dan tiap pos ada gardu pandangnya. Enaknya kalo naek malem itu, dibawah sana banyak lampu kerlap kerlip kota jogja yang dapat dilihat dengan begitu indah ditiap gardu pandang, awesome. Istirahat sambil liatin pemandangan aduhai, sambil menikmati semilirnya angin malam, hmm perjalanan yang patut dirindukan.
Tiap kali nemu pos dan gardu pandang aku minta break, maapkeun jadi molor nyampe puncak gara-gara aku sering minta break padahal targetnya 30 menit, haha. Istirahat di gardu pandang itu bikin pewe, indah banget, rasanya ga mau naek tapi tetep perjalanan harus dilanjutkan. Saat liat tanda arah camping ground “ah, nyees udah sampai lokasi camp” rasa capek terobati dengan sendirinya. Kita mendirikan 2 tenda di camp ground 5 kalo gak salah, dipilih tempat itu karena katanya lokasi yang bagus buat liat sunrise, disitu udah ada juga yang ngecamp, beberapa tenda. Tenda kita 2 berkapasitas 4orang yang tiap tenda hanya diisi 2 orang, jembar rek, haha, meh nggulung nggulung yo iso. Trus ngeluarin nesting, bikin deh tu kopi, susu, energen, trus mie, ehm sambil nunggu mateng bincang2 dan ketawa-ketiwi, gini nih yang emang aku rindukan.
Trus ditenda pd ngomongin temen-temennya udah pada nikah, berawal dari bahas mb vegi tapi entah kenapa ujungnya guyon “Mrin, ngopo ra karo afi wae”, aku ming ngguyu.
Habis makan jalan-jalan malam, ekspektasinya tiduran di atas batu trus menikmati bintang, tapi realitanya malam sedang mendung jadi ya nikmati suasana yang ada, ndengerin camp ground sebelah gitaran dan dangdutan juga asoy kok, haha. Time to sleep, entah jam berapa. Well aku kebelet pipis banget jadinya ga bisa tidur T.T, miring kanan miring kiri, merem tapi ndengerin sekitar.
Trus tenda sebelah kedengeran ada yang sedang nyari temen, eh mungkin itu temennya mas aji, bener aja. Masnya itu(eh mungkin bapak2) teriak2 “gung, gung” nyamperin tenda, bener deh itu temennya mas aji. Trus mereka berdua ngobrol asyik di bebatuan. Semua yang ditenda jadi kebangun, kalo aku mah dari tadi emang ga bisa tidur, masih kebelet pipis. Akhirnya aku dan mb vegi nyari semak2 buat pipis, pencarian tempat nyaman yang cukup panjang, haha, dipilih yang kira2 ga keliatan sekeliling, tanah yg nyerap air, rempong bener yah, cewek -.-. bawaannya tisu kering, basah, aqua, pas keluar banyak bener ini volume urin, haha soalnya emang kalo perjalanan nanjak/ndaki aku paling boros air minum, pocari ku yang 600ml aja habis buat naek trek ini yang terhitung 700mdpl.
Pipis disemak semak itu sensasinya beda lho, deg-degan, haha. Yang bikin deg-degan lagi dari atas sana ada yang gak sengaja nyenterin, wkwkwkw, enggak kok mungkin cuma memastikan itu pada ngapain rame2, hhaa, yaah untung ada mb vegi sebagai penghalang bawa jaket buat nutupin anggap deh tirai :D.
Gara2 rame ini, mz tamrin bangun juga ikut keluar, jalan-jalan. Jadilah aku mb vegi mas tamrin jalan2 kepuncak, deket kok dari tenda jadi enak. Melewati bebrapa camp yang sedang bikin api unggun, so romantic and warm. Nyampe puncak lagi-lagi terpaku oleh pemandangan lampu kota yang gemerlap, cant movin my eyes from that view, ada beberapa bintang yang nongol tapi ga banyak, kabut mulai turun, kita disitu sekitar jam 12 malam. Anginya sepoi-sepoi, mereka berdua(red: mb vegi dan mz tamrin ngobrolin menyangkut keolahragaan, dan reunian ngomongin dosen fik uny, kayak 2 temen lama yang disatukan) alhasil aku ga bisa nimbrung dan hanya bisa menikmati suasana ditemani perbincangan mereka berdua “hanya bisa mendengarkan”. Tapi mereka kemudian menyadari aku masih disitu, giliranku yang ditanya-tanyain, - -“
Btw lokasi disitu romantis lho cocok untuk mendiskusikan bahasan yang agak berat dan hanya berdua saja, sepi coy. weh, khalwat ra oleh haha.
Btw aku inget kata kata masnya pas ditenda tadi, ketika ada seseorang yang abis ngelawak trus aku ikut ketawa “Weh iso ngguyu meneh, ora manyun wae” sontak sekeliling yang dengerin bilang “Cieee”, wkwkwk ngeek.
Well bisa dicatet orang jutek dan cuek itu gak selamanya kayak gitu dia akan berubah perhatian kok kalau ada someone who became the reason to doin that changes.
Dari puncak turunlah ke tenda, trus rencananya sih tidur, eh mz tamrin ada2 sih kayaknya belum ngantuk, bikin bara dari arang trus mas aji dan temennya nimbrung bakar sosiis sambil bincang2 renyah, kami berdua(aku dan mb vegi) ikutan nimbrung perbincangan tapi dari dalem tenda. Camp ground sebelah teriak-teriak,disahut camp ground kita "kalian darimana?""dari tadi""lagi apa?""lagi eek", trus sahut-sahutan suara binatang "embeeek" "auuuu""ululululu", cem macem deh nyampe rame dan penuh canda tawa, ini kapan kita tidurnya, hha. Tapi akhirnya bisa tidur juga. Paginya bangun, mz aji teriak2 ketenda cewek, “tangi, tangi, do subuh sikik”, dia habis teriak tidur lagi, mb vegi udah bangun duluan trus bangunin aku. Tayamum trus sholat jamaah, nyari lokasi yang agak lapang, dideket tenda sebelah. Pas mau balik ke tenda lewat tenda tetangga denger ada mas-mas yang sedang ngaji “nyeees, so peacefull here”.

Trus ngrebus air, bikin deh nutrisari, dibawa ke bebatuan nyari tempat pewe buat liat sunrise, sayang sunrisenya ketutup kabut. Gapapa, kabut juga ciptaan Tuhan yang patut untuk disyukuri.
duduk pewe, nunggu sunrise

menikmati kabut

ditenda sebelum dibongkar, eh blur, tetep ini yg salah yg motoin @mas.aji

kabuut

Sekitar jam 7 bongkar-bongkar tenda trus turun, diperjalanan turun ketemu mb-mb yang naek keliatan capek gitu, aku teriak “mangat mb” eh mana direspon mz aji “halah nggaya, mau bengi pas munggah yo ngos-ngosan e” wkwkw  asemb.