Merbabu via Gancik/New Selo

Yo mamen, akhirnya ngetrip gunung juga setelah sekain lama. Merbabu lagi? I have too much love and I miss Merbabu :*
Weekend sebelum hari raya idul adha kemaren diajakin 2 temen ke sabana merbabu. Aku iyakan setelah beberapa pertimbangan padahal waktu itu kondisi tubuh kurang fit karena lagi batuk dan pilek, mendaki malem lagi -___-
Aw, akhirnya perjalanan ke sabana merbabu yang udah aku impikan sejak lama wwkwk lebay deh.
Waktu itu katanya sekitar 9 orang tapi tereduksi jadi 5 karena yang 4 udah berangkat duluan. Emang selalu gitu ya, kalau kebanyakan orang biasanya malah cuma wacana, hha. Ber-5 dengan komposisi co:ce 3:2 berangkat habis asar nyampe basecamp jam 8, bantul-selo boyolali nggak nyampe 3 jam kok, tp karena kita mampir-mampir dulu, nunggu ini itu, beli ini itu, istirahat sholat, makaan, jadi lamaa. Awalnya rencana kita mau ndaki via selo lama, tp karena diperjalanan dicegat suruh milih via selo baru atau selo lama akhirnya leader bilang selo baru a.k.a via gancik. Aku sih oke-oke wae, ntar juga nyampe asal dijalani ya kan.
Di basecamp, kita gak istirahat, langsung cuus, banyak temennya kok jadi ya semangat ^^, btw basecamp kita namanya darwis kata bapaknya singkatan dari sadar wisata :D, basecamp paling atas. Eh iya kita berdoa dulu, udah, terus cuus nanjak.
Awal tanjakan jalanan di cor lumayan sih buat pemanasan, ngos-ngosan diawal sudah biasa tandanya tubuh sedang beradaptasi. Dingiin bet gaes, aku masih berjaket polar, “ntar kalo udah keringetan juga bakal tak lepas kok”. Malem itu aku gak melihat milyaran bintang, bintang di merbabu via gancik malam itu hanya seuprit mungkin karena berkabut tapi bulannya terang lumayan ngirit baterai senter :P.
Formasi yang jalan duluan atau urutan-urutannya berubah-ubah fleksibel, suka-suka boleh depan belakang tengah. Jalan 30 menit dari basecamp mendapati Gancik Hill Top, pemandangan disitu bagus buat ngeliat merapi, kalau cuaca lagi bersahabat.
ini foto waktu turun, kita kan nanjaknya malem

Waktu dijalanan cor-coran kan banyak tuh ketemu pendaki lain jadi enak ada yg disapa, ketemu rombongan mas-mas gayeng juga, kita emang salip-salipan sama ini rombongan, dan tiap nyalip adaa aja yg dibahas “weh ketemu maneh” “barangkali kita jodoh mas”, iuuh ini cowok sama cowok, percakapannya lebih renyah dari itu tapi ingatanku sudah digantikan sama materi ujian blok 4.1, hha.  Kita berjalan terus tak kenal lelah, sesekali istirahat sebentar, lama juga boleh. Kemudian melewati hutan pinus, pohon duri. Entahlah aku sudah lupa-lupa ingat itu urutannya sesuai atau terbolak balik. Sampai juga dipos 1 dengan estimasi waktu tempuh dari basecamp 2 jam, btw banyak bonusnya kok.
Pos 2 ke 3 kayaknya gak jauh amet, gak jauh tapi perkiraan tempuh1,5 jam :D, melewati tanaman perdu dikiri kanan, kayak taneman yang dipinggir sawah tapi ini tinggi2 banget, banyak bonusnya gaes tenang aja, haha. Pos 2 ke 3 jalanan mulai terang lagi, tapi nanjak mulu deh kayaknya. Eh iya ditengah perjalanan kita istirahat dan bikin mie juga, maklum perut udah keroncongan walaupun dibawah tadi beberapa jam yang lalu udah terisi nasi dan lauk pauknya -__-, dasaaar cacing-cacing perut nakal :D. Btw kalau berdiam diri gak jalan itu berasaaa masuk freezer kulkas with no clothes, adem e kepolen. Disamperin 2 mas-mas, “maaf mb/mz ada yg punya aplikasi yi cam ndak?boleh minta” “oh, saya ada”, kemudian share aplikasi-done-I got nothing but they got what they need -_-, ya kali kirain masnya mau share pin BBM juga, hha. Oh iya waktu istirahat makan ini ketemu sama pacare mas salo(ceritanya waktu dibawah kan mereka maho, ekekek), bilang “iki mas kancaku tepar ning pos 2, aku nggowo tas 2 dadine” “wuh pendekar, semangat mas”, kalo diliat-liat masnya ini ganteng juga lho, haaha sontak cowok2 koor “dasar wanita”. Perut terisi air dan mie lanjuut nanjak deket kok tinggal satu tanjakan, akhirnya pos 3 batu tulis. Tiap perjalanan kita ditemani pemandangan merapi di remangnya malam, aduhai.
Kita nge camp disitu pintu tenda menghadap timur biar kalo buka tenda bangun pagi pemandangan yang didapat adalah golden sunrise, itu ekspektasi lho ya, realitanya liat ntar di paragraf bawah :p. Dingin-dingin gak pake empuk kita bikin tenda, 3 tenda tiap tenda berkapasitas 2, mas agus bikin sendiri ini emang manusia terbakoh yang pernah aku temui, cariernya segede kulkas mana beraat bener kata desi sih yang udah nyobain bawa tuh carier, aku sih ngeliatin aje. Lanjut ke tenda ya, tenda mas iswa tak bantuin bikin, tenda mas sallo dibantuin desi. Tenda-tenda rempong kita lamaa bener jadinya, soalnya pake flysheet jadi agak ribet mau ditali dimana. Tenda mas agus paling cepet jadi, akhirnya tenda mas iswa kelar, dipakelah jadi kamar cewek, padahal tenda mas salo belum kelar, so what lah ya, ciwi-ciwi masuk duluan yes. Sebelum itu kita(red: cewek2) bingung milih tenda ms salo ato mas iswa “sik endi Des? Cewek kan menang milih” eh ada yg nyeletuk “jare sopo cewek menang milih, cowok lah sik menang milih” hadeeh iki masalah lain, mungkin dia baper hahaha, biarkan saja. Bersih-bersih bentar, masuk SB, mata merem, berdoa “bismika allahumma ahya wa bismika amuut”, selamat tidur para pembaca . . .
Taulah kualitas tidur digunung emang gak seenak rumah. Denger alarm sih jam 4.30 AM tapi apalah daya suasana dingin dan mata belum ingin untuk beraktivitas, jadilah aku bangunnya molor sampe jam 5.10 trus sholat, bingung mau tayamum dimana, ah kayak ga pernah sholat digunung aje nih -_-, iya serius rempong sekitar 5menit, jadilah itu sholat shubuh jam 5.20, itu shubuh atau dhuha ya wkwkwk. Btw pemandangan pagi udah menampakkan pesonanya, pas sholat atas samping kanan kiri gue para manusia yang sedang menyaksikan keajaiban pagi, yes right-> sunrise, aku so what sama keadaan sekitar, yang penting laksanakan kewajiban dulu walaupun aku juga pengen nonton sunrise -o- Kelar sholat subuh rasanya gak ingin melepas mukena, dingiiin bener serius gue mah, dinginnya nagih hahaa. Yah karena mukenanya diantri sama Desi buat sholat jamaah subuh bareng mas iswa jadi ya terpaksa mengurangi selapis kain yang artinya makin dingin. Gue masuk deh ke tenda terdekat, waktu itu tendane mas salo, nyamperin mas salo, haha. Disitu ada SB nganggur, tak pinjem sekalian, elaah emang anak cumi. Pagi itu dingin sekali cemans, harap mengerti hehe. Tak selang berapa lama bikin minum disusul nasi dan telor goreng, hello lagi-lagi aku cuma lihat, mereka yang masak, dan yeay akhirnya nasinya berhasil ‘ora mletis’, enak kok thanks to chef desi dan chef iswa. Btw mas agus masak sendiri, lebih maknyus menu waktu itu dia bikin nasi, telur, sop juga, awww perlu belajar banyak dari masnya ini deh  >w<
Kenyang, nyiapin amunisi makanan buat persiapan nanjak lagi, jam 9 kita cuus naik, 1,5 jam terlewati sampai juga di sabana 1, udah nyampe sini aja aku udah bahagia kok, tenang saja bikin aku bahagia itu mudah J. Foto sepuasnya, bosan? Hammock-in aja gaes :D
Turuun, turun emang harusnya lebih cepet ya, tapi tetep watch ur step, sering liat banyak yang terselip alias kepeleset, gak usah liat deh, aku juga mengalami kok. Medan di merbabu yang ketika musim kemarau berdebu, tanahnya mudah selip. Jalanan turun yang medannya kayak ‘dronjongan’ malah lebih membuat was-was ketimbang medan naik, takutnya salah dikit nglundung.