Andong via sawit

Pertengahan november ini akhirnya gas Andong juga. Bulan2 hujan, tp alhamdulilah kemaren waktu nanjak ceraah. Ini pendakian terbanyak ever, ber-14 cuy, haseek, dari dulu pengen pendakian massal kesampean bareng mereka. Habis bosen, tiap kali ndaki ber-4, kaaan suasana baru, iyeay. Tp berbanyak malah berasa lama sih trekkinnya, soalnya nungguin sidia, dia, dan dia2 yg lain. Aku jg sering minta break dink.
Mari mulai crita~
Sabtu sore jam 5an kumpul di angkringan daerah niten, ngangkring sik. Waktu itu aku habis sakit DB, agak lemes dikit sih tp aku udh sehat kok really, cuma yg ini agak susah minta ijinnya, biasanya lancar jaya kayak pake pertamax, eh ini turun jadi premium. Akhirnya dibolehin juga kok, walaupun sempet debat. Kenalan sama komunitas baru tablang adventure:mz iswa, mz salo, mz edi, zunan<-yg ini udh kenal, mz abidin, mb novi, mb ayu, mb afi(nama kita sama), mz ayon, mz heru, mb anggi, mb indah, mz ahib, banyaak kan. Cus otw, awalnya aku bonceng mz salo dijemput dirumah juga, tp otw ke basecamp aku nebeng mz abidin, dioper-oper mulu kayak bola, haha. Sama mz abidin belum kenal sebelumnya, lg kenal ini, jd disepanjang perjalanan aku diem aja kalo gak ditanya, haha, thats awkward moment, njelei. Tp waktu deket kopeng perbincangan dimulai, gara2 ngomongin "kok dalane podo nek meh ning basecamp cuntel yo?" "Iyo emang kan kopeng daerah basecamp merbabu" yes perbincangan dimulai, akhirnya aku tau masnya udh pernah mendaki di sumbing, sindoro, slamet, merbabu, merapi, andong, ungaran, dan entahlah. Waah, mayan juga petualangannya nih orang, hha.
Karena mampir2; maem, pom, sholat, jd perjalanan bantul-basecamp sawit sekitar 3jam. Sampai basecamp istirahat bentar, tp bikin ngantuk, cus jalaan. Awal2 jalannya turun dulu, baru naik setelah dipintu gerbang sawit. Jalanan diawal terang karena sepanjang jalan ada lampu, tp cuma dikit sih, lanjut hutan2, keluar deh semua senter. Pokoknya aku minta jalan didepan, kalo dibelakang aku ogah soalnya ntar ketinggalan, mending depan deh, nyasar2 dikit gegara aku gapapa, haha, enggak kok di andong ga nyasar, paling cuma bingung milih kanan atau kiri sama halnya dengan milih yg terjal atau landai. Diandong cuma ada 3 pos, eh 2 atau 3 ya, maap lupa. Gak jauh dari pintu gerbang udh nemu pos 1, sekitar 40menit. Menurutku trek andong enak sih, banyak bonusnya dpt view merapi dan lampu2 gemerlap sekaligus bintang2. Waktu itu banyak juga yg naik, rata2 tiap rombongan jg 10org. Karena waktu trekking naik aku pake training sekolah bertuliskan teladan, tiap kali nyalip rombongan masnya yg itu(entah yg mana, pokoknya yg itu waktu itu), selalu aja digoda "wah mbakke teladan meneh, ayo mb bareng", ku jawab sekenanya. Rombongan kita dan mereka emg salip2an soalnya. Ehh btw setelah pos 1 ada kakak dari rombongan kita yg mau pingsan, untungnya sih strong, trus tasnya dibawain, jalannya digandeng sambil diarahin. Pada akhirnya semua personel nyampe puncak, sekitar jam 11. Kita jalannya santai kok, soalnya emg mayoritas dari kita banyak yg baru pertama kali ndaki. Ahh jadi inget pengalaman pertama kali ndaki, gak jauh beda sama mbaknya yg mau pingsan, hahaa.
Bangun sekitar jam 5 kurang, trus sholat jamaah, trus jalan2 jam 6an, ternyata puncak andong banyak ga cuma satu.
Suasana andong pagi hari begitu memesona, kagum, syukur, nikmat, indah, ah it cant describe by words.
Balik ke camp sekitar jam 8, maem karena udh dimasakin tinggal melahap. Jam 9 turun, trek turun kok dirasa lebih jauuh ya, apa karena naeknya malem jadi gak keliatan medannya sehingga berasa deket, bisa jadi. Tp untungnya ga ujan. Lagi2 aku memilih di barisan paling depan pas turun, ada aku-zunan-mz heru-mz edi, sisanya dibelakang agak jauh. Dibilang "kalo jalan dinikmati, jgn cepet2" "siapa bilang kita gak menikmati, kita menikmati kok, kalo capek istirahat bentar, gak usah lama2 ntar terlalu keenakan".
Waktu turun nyampe pos 1 ada mbak2, eh mbaknya cuma satu dink. Mbakknya digendong mas pendaki lain(bukan rombongannya), soalnya mbknya lemes kata temen rombongannya belum sarapan, lah kui, kaan ngrepoti wong liyo. Masnya yg gendong berpostur tinggi agak gemuk, mbaknya yg digendong jg lumayan sih ideal, wah respect sama masnya, gak kenal tp siap sedia utk bantu. Trus di pos 1 ini tim rescue dateng bawa tandu. Lepas sudah beban berat dipunggung masnya yg gendong mbknya *clap2. Aku sama zunan yg waktu itu barisan paling depan jadi lamaa banget deh istirahat di pos 1 ini, ngeliatin kejadian td, iya cuma ngeliatin ga bs ngapa2in. Btw waktu itu di pos 1 emang rame juga sih ada banyak mas2 pendekar, yg naeknya cuma sendalan jepit *awesome, geguyon bareng ning pos 1, walaupun ga kenal, enjoy aja lagi, haha.
Saat rombongan kita yg dibelakang udh nyampe pos 1 lanjut deh turuun, foto dipintu gerbang hits. Mandi, istirahat, makan, yes pulaang. I'm coming homeee.

Berikut foto bonus perjalanan, selamat menikmati.......
gerbang hits sawit

View belakang itu merbabu-merapi

Pendek tapi memesona, yg inframe, wkwk

Rame kaan, selfi diantara orang2

View sumbing, katanya

Ayok lah packing, go somewhere

Ini lho mbaknya yg mau pingsan