Sumbing Via Bowongso

Long weekend kemaren kita kuy ke Sumbing. Iyeay, berkat diajakin bangsallo. Aku sih oke2 aja berbanyak kok ber 8, bareng kroto adventure, temen baru uhuuy. kumpul setelah magrib, gas dari jogja jam 9 -_-. Padahal perjalanan jogja-wonosobo 2-3jam ya kalau lancar. Bener aja, sampe basecamp jam 11an, uh jalan menuju BC ajib boo, offroad parah, bonceng berasa duduk loncat2, hha.
Sampe BC aku tidur yg lain maem trus pada maenan entahlah, pokoke aku turu gasik. Buka SB, angeet tidur lelaap. Waktu itu di BC lumayan rame sih, ada mas2 ganteng dari temanggung 2 orang, tp aku tetep fokus tidur :P.
Sudah pagi gaees wayahe tangi, jam 5 subuh, trus maem, packing, berangkat jalan. Eh kita pake jasa pickup bayar 10.000/@, lumayan banget lho dari BC-parkiran, katanya kalo jalan bisa menghabiskan waktu 1,5jam, jalannya batuan gitu. Waktu naik pickup nyamaan pengen kayak gitu aja nyampe puncak :P, tp taulah, hidup tidak selalu berada di zona nyaman, lets go hadapi realita !
Turun pickup sekitar jam 9an, jalan, pemanasan hosh hosh, nanjak oey, jalanan tengah batuan pinggiran tanah. Samping kanan kiri perkebunan warga, rata2 tanaman kubis. Melihat kebawah ituu, uuh cakeplah, indah. Jalan dengan trekking tanaman yg masih lebat, rimbun, ijoo, basah, adeem, lumayan banyak pohon tumbang juga sih, gapapa pohon aja yang tumbang asal kamu jangaan :P. Jalan bentar udah nyampe pos 1, nama posnya anak muda banget lah, ada asmaranya :P. BC-parkiran karena kita pake pickup sekitar 15menitlah, parkiran-pos 1 sekitar 1,5 jam lah ya. Aku ikut grup depan bareng mb dew, mz haris, mz ultramen posisi depan dong, gas tipis2. Yang dibelakang ada bangsalo, mb hani, mz johan, mb nita. Aku bisa cepet kenapa?karena barang bawaanku kagak banyak aku kan cuma pake daypack, hehe.
Lanjut jalan, ya jalanan masih gitu2 tapi tetep bikin capek. Istirahat agak lama di zona rerumputan, pokoknya disitulah, bikin mager, sama kayak tulisan di Aqua. Diperjalanan menuju pos 2 ketemu sama 3 orang yg 1 cewek rombongan Jkt kalo ga salah, asemlah mz ultramen(febri) ki nggarapi aku, kan aku salting, ra iso jawab. Di giniin “mas, situ ada yg jombs ga?  ini lho rombongan kita ada yg jombs namanya afi”. Waks, asem banget! Tapi lumayan sih dipromosiin, hha. Mana mereka ngerespon positif juga lagi, kan makin bingung ngerespon candaan mereka. Mereka respon gini “hai afi, uh senyumnya bikin melt” -___- rasanya aku ingin berlalu meninggalkan para jombles2 hha. Ku respon sekenanya. Akhirnya kita nyalip duluan, tapi tetep aja masih teriak2 “afii, tungguin kita dong” “yook, bang buru!” haha, begitu ya kalo digunung SKSD sudah biasalah fans :P, tp ya cuma sebatas gitu udh ga nyampe mana2, orang ga diterusin, loh maunya diterusin? Iya :P. sampe di sumber air, break lagi nungguin 4orang yang dibelakang. Disitu udh ada yg camp, satu rombongan berbanyak, rombongan Jkt, ternyata temennya mereka2 yg nge fans sama aku, hha. 3 orang yg jail rombongan jkt yg dibelakang tadi sampai jg disitu, katanya gini “kita tadi agak lama dibelakang,memantapkan hati buat ketemu sama Afi” wkwk, asemlah aku pengen ngakak. Ujung2nya salaman, “mohon maap ye, kita cuma bercanda tadi kak” “yuuk, santai aja”. Gak lama kemudian 4org rombongan kita dateng, istirahat nyemil bentar trus lanjutin perjalanan. Masih aja di jailin “afi mau kemana?” “mau kepuncak bang” “puncak mana?” “puncak hatimu :P” “aww, mau dong” wkwkw, percakapan itu dilakukan sambil berlalu melewati trek menuju pos 2 yg ternyata tinggal deket banget 5 menit lah, pos bogel namanya. Kalo kata bang salo “pos e kok saru e iki ki”, “lha ngopo bang? Lha iki bugil” hhha. Di pos 2 kita masak, udah siang, kita laper -,- aku agak gabut kalo gak disuruh buat ngapain gitu, makanya aku nyari2 kerjaan, suruh ngupas apa gitu kek >.<. btw view sabana dari sini udah aduhai, pengen naik lebih tinggi lagi. Habis makan kita gas tipis2, trek sehabis pos 2 nyenengin gaes, rasanya ingin mengulang lewat situ, bagaimanalah aku harus mendeskripsikannya u,u. pokoknya ijoo, treknya ga keliatan, rumput masih tinggi2, mana banyak bunga2 putih entah itu namanya apa, ngeliat bawah ijo, atas makin sabana ijoo, ngangenin pokoknya. Tp waktu itu gerimis, aku bergegas pake mantol, yg lain kagak :D. semakin keatas hujan makin lumayan, semua pake mantol hha. Btw walaupun agak berkabut, viewnya sumpah bikin kangen, masyaAllah indah gaes, buktikan aja sendiri. Oh iya kita mau camp di pos 3 tp ternyta info dari pendaki yg barusan turun, disana ga bisa buat camp, makanya kita turun lagi padahal udah lumayan nanjak e, sabaar. Turun dikit ada tanah lapang, bikinlah tenda kita, pas cuaca gerimis, syahduu :3. Tenda sudah terpasang, bergegas ganti pakaian karena basah, trus masak bikin anget2, pengen peluk biar anget hha. Disitu jam 5an, astaga aku lupa belum asar dan zuhur, bergegas sholatnya di jamak didalem tenda, soalnya diluar basah. Gerimis reda, diluar amazing view sindoro cakep, niatnya nungguin sunset eh, ketutup awan mendung, jadi kurang cantik, tp tak apalah view ini sudah membuatku cukup merinding, merinding kedinginan maksudnya hhe. Alhamdulilah, bersyukur bisa melihat Kuasa Tuhan yg sungguh luar biasa cantik, ini nih yg bikin kangen ketika dirumah. Adzan tuh, bergegas magrib lagi2 didalem tenda, kali ini pinjem tenda cowok, soalnya tenda cwek crowded, ada mz pepeb yg lagi jailin mb nita :D. yg lain bikin mie, ntar aku tinggal ikut makan, wkwk. sebentar kemudian isyak, sekalian lah ya stay tenda cowok bentar. Btw kita tendanya 3, yg paling besar buat 4 cewek, sisanya kaps 2, jadi cowoknya maho-maho, waks >.<. Tiduur, yuk mari.
Pagii kamu, jam 4.30 bangun, sholat gaes! Trus masak, sop, nasi, tempe goreng, agar, yummy menu kita pagi itu, head chef dipegang oleh mb dew, aku assist chef wae :D. oh iya semalem itu mereka pada curhat, biasa curhatannya anak cewek ngomongin mantan yg macem2, aku memilih untuk diam, soalnya aku bukan tipe yg ngurusin urusan orang lain lagian aku ga punya mantan >.<, jadi aku memilih utk tidur-an gasik, kesannya mungkin cuek, tp luweh lah.
Sekitar jam 7 makan pagi dengan menu yg bejibun itu ditemani view cerah sindoro diseberang, unch good life. Sebelum makan kita jemuran, eh jemur pakaian dan sepatu maksudnya nyampe ada daleman juga O,o. Kenyang, bergegas prepare summit attack, ada yg jagain camp bang salo , soalnya udh pernah muncak katanya, yg lain jg udh pernah muncak tp tetep ikut muncak juga. Gak bawa beban dipunggung pun kalau jalannya nanjak terus itu capek juga yah :D. bentar kemudian kita nyampe pos 3, posnya zorro itu lho tokoh samurai di kartun monkey de luffy :P. btw dari camp ke pos 3 ini view sabana dan sindoro ajiib bener, rasanya pengen selfi2 mulu dah. Aku ditinggal rombongan depan mz haris, mb dew, mb nita. Jadi aku nunggu rombongan yg belakang, mb hani dan mz jo. Mz jo ini kalo motoin dan ngarahin pose paling bisa banget, hasilnya bagus walaupun cuma pake kamera hp sekalipun, jos lah. Mz jo ini paling ditunggu soalnya bawa daypack kecil isi logistic, hha. Selepas pos 3 jalanan berbatu, mirip merapi lah ya, tp batunya guede2, ga ngebayangin itu kalau longsor kayak gimana, subhanAllah. Batuannya itu bermuatan air lho gaes, maksudnya ada air yg menetes gitu, mirip gua. Huft, nyampe juga di puncak buntu, kata mereka disini puncak buntu, tapi gak ada plakatnya. Disitu sekitar jam 12an panas bangeeet, gosong lah, tp tetep dingin :D. cakep bener viewnya, unch masyaAllah. Awan mengitari sindoro, view kawah dan sabana sumbing di bawah. Temen2 yg lain lanjut ke puncak rajawali yg katanya tinggal sak plintengan, aku dan mb nita nunggu disitu aja. Eh disamperin sama mz pebri dan satu mb yg belum kita kenal. Ternyata mz pebri mbarengi mbak e iki, anggap porter dadakan lah org suruh bawain dslr mbaknya. Lumayan yo mz peb, oleh gendakan anyar hha. Mb mei2 upin ipin kata mz pebri. Mz haris dan mb dew turun jd kita ber 6 turun duluan, ninggalin 2 yg lain, keburu sore. Turunlah kita, lagi2 rombongan depan ninggalin kita mb dew, mz haris, mb nita. Yws, aku melu rombongan mburi, mz pebri ro mb mei2. Jalannya pelan ya kayak siput, gapapa mb aku juga gitu kok :D. mb nya ini ada luka lecet karena pake sandal, tp bisa lanjut perjalanan pelan2. Unch tiap kali lewat sabana mata ini pengennya gak berkedip :D. btw yg lewat jalur ini gak tll rame, jadi jarang bilang “mari mas :D”, kan pengen bilang gitu tiap kali nyalip hha. Oh ada dink, rombongan anak uny kayaknya yg itu, yg kemudian kita malah bdmd sama mznya jadilah musuh, haha kagak dink kita nyari temen kok digunung, pokoknya gitu lah, gara2 pick up :P.
Kita nyampe di camp jam 3an, trus nyemil, trus bongkar2, packing, sholat jamak dzuhur-asar, kali ini sholatnya bisa berdiri diluar, rasanya bersyukur karena setiap tempat bs digunakan untuk bersujud. Rombongan lengkap, cuus turun ke BC, 2 jam setengah kita nyampe gardu pandang, kilat lah :D. hampir magrib kita sampai di parkiran nunggu pickup yg kita pesan. 15 menit kemudian alhamdulilah nyampe BC, rasanya capek ini terangkat, eh belum soalnya belum nyampe rumah. Bersih2, wudhu, sholaat, ternyata udh azan isyak, jadi sholatnya di dobel isyak magrib. Maafkan aku ya Allah aku tdk melaksanakan sholat magrib pada waktunya, padahal kan tidak ada jamak magrib-isyak. Allah bersama prasangka hambanya, keep khusnudzon *jempol. Jam 8 kita cus pulang, mari hadapi realita jalanan yg sangat off road lagi, haha, asooy :D. Roller coster dijalanan malam wonosobo, deg seer. Mampir pecel lele, lapvar, sambil bagi2 foto. Kenyang pulang deh. Nyampe rumah jam 12an, uuh trimakasih bangsalo yg udh nge-driver-in aku dari berangkat sampe pulang, thankyou so much.
Capeknya tuh habis ini -,-
See you next trip …
makan, biar kuat menghadapi realita

temen2 baru

kapan kawin? cuma baca topi kok :P

masih ceria karena belum liat trek

sabana dilihat dari pos 2

aku suka hujan. ada berkah di setiap tetesnya

ciptaanMu selalu mengagumkan, aku selalu terpesona

"mbak, kowe kok bunder" komentar anak Tpa

kita mah kompak, kalau foto doang