Andong Sawit bareng Ciwi-ciwi

Andong Sawit bareng Ciwi-ciwi

Trip lama bersemi kembali. Ceritanya piknik keluar bentar dari zona per-skripsi-an, yg kemudian kita mampu ketawa lepas hahahihi walaupun sepanjang jalan kabuut.
Mari berkenalan dengan genk saya nanjak Andong via Sawit para cewek-cewek cantik nan sholihah wkwk. Temen se-kampus se-fakultas se-prodi se-angkatan dan bahkan mungkin pernah se-teman tutorial. 
afi-puja-hajidah-linda
Weekday kita jalan ke Andong, hari senin meet up di masjid Mardliyah sebelah barat FK UGM, biar sekalian parkir motor. Memutuskan utk memakai 2 motor biar efisien bensin-uang parkir-dan tenaga. Sekitar jam 7 AM kuy jalan ke BC Andong yg letaknya di Magelang. Cewek semua nih, kepikiran gak bagaimana navigasinya? Untungnya 2 orang dari kita udh pernah jalan ke Andong Sawit salah satu nya saya. Alhamdulilah sebagai penunjuk jalan saya gak menjerumuskan mereka ke jalan yg salah. Kebayang kan bagaimana kalau mengandalkan GPS yg semua personilnya amatiran baca GPS haha.
Sampailah di BC Sawit jam 10, sempet  mampir buat beli maem di bungkus buat makan siang. Istirahat sebentar, ngobrol dengan pendaki yg barusan turun dari puncak. Ternyata orang Pundong Bantul, halah dunia sempit “saya cuma Bambanglipuro Bantul mas”. 
BC yg sangat sepii
Selepas berdoa bareng kuylah jalan. Jalan diawal menurun sampai di pintu gerbang hits cukuplah buat pemanasan hehe. Ketemu dede emesh minta difotoin dan dimintain ngefotoin, tentunya timbal balik. 
Dede emesh, paling emesh yg maroon
Selepas melewati gerbang barulah jalan pendakian yg sebenarnya, yah khas gunung lah ya nanjaaak. Naik mulu ya, yaiyalah namanya juga mau kepuncak kalau turun mulu namanya nyelam ya kan?
Beberapa langkah break. Kita sendiri yang mampu menilai sejauh mana kita kuat jadi ga usah dipaksakan, alon-alon waton kelakon. Break-selpi-bikin video-joget-nyanyi- begitulah sepanjang jalan, happiness in simple ways, exactly. 
Weekday sepi, bahkan cuma kita doang yang naik yg lain pada turun. Papasanlah kita sama cowok2 “mari mbak, bidadari gunung nih”. 
Istirahat di pos 1 yg nama posnya serem itu tuh. Seseorang dari kita mau nyeritain asal mula nama pos yg horror itu namun kita cegah “nanti aja ceritanya kalo udh ga dilokasi”. Yang bener aja cerita horror dilokasi, kan bikin merinding. Lanjut jalan kita, eh waktu foto duduk di atas batu besar seorang temen kita jatuh yg menurut pengamatan kita ga ada sebab apapun. Kalau ada yg jatuh wajib diketawain dulu, sebelum dibantu, maapkeun kita yes. 
Pos 1
Tak berapa lama sampai di pos 2 suasana siang yg berkabut. 
Pos 2
Lanjuut, istirahat agak lama di tempat yg kalau saja tdk berkabut maka akan nampak jelas view Merapi. Buka logistik karena cacing mulai berisik, 1 bungkus sari gandum coklat ludes seketika, sakjane awakdewe dokoh po rakus yo? 
disini lokasi wenak buat break. ditemani view merapi jika saja suasana cerah
Masih semangat walaupun dari tadi vienya kabut. Singkat cerita jam 12 kita sampai di puncak Andong. Sepi beneer, hanya suara kita dan burung2 kecil yg terdengar mana putiih everywhere, gak nampak yg ijo-ijo. 

Eh ternyata ada 1 rombongan cowok yg masih bersliweran di puncak. Mereka cuma bentar lantas turun via Gogik. Suasana sangat mencekam, dipuncak hanya ada kita ber-4 mana suasana kabut agak tebel, lebih horror lah dari cerita Hajid yg kemudian diceritakan disini. 
Cerita asal mula pos 1 katanya, “Di sekitar pos 1 lebih tepatnya di atas batu yg tadi aku sempet jatuh, temenku dulu pernah liat penampakan”. Lantas kita koor “jangan-jangan kamu jatuhnya karena …”. 
Beberapa menit kemudian ceraah, “horaay”. Pemandangan sesaat yg menakjubkan. Setengah jam kita dapet cerah lantas kabuut lagi. 





Belum juga sempet foto ber4 full team udh kabut lagi. Kabut itu menandakan kalian diundang lagi untuk datang ke Andong dilain waktu gaes, semoga lain waktu dapet cerah ya. 
Sudah masuk waktu dzuhur, sholatlah kita berjamaah. Satu orang lagi haid nyeletuk sebelum takbiratul ikhram “perlu tak fotoke ora ki?” Pertanyaan macam apa ini -__-
Hajidah dipaksa sebagai imam setelah kita lama ‘iren’, bahasa indonesianya ‘iren’ apa yaa hha. Ada yg lucu nih selepas sholat Hajid bilang “Lin, gara2 kowe ngefoto awakdewe, aku hampir lali wis pirang rakaat” hahaha iyo bener, Linda ngefoto ne dari depan cuy bikin gak konsen. 

Realita (kabut) yg ga sesuai ekspektasi membuat perut lapar lebih cepat, kuy lah makan. Makan siang ter-tinggi di 1726mdpl.
ketika puncak hanya ada kita, horror
Selepas makan, ada yg nyamperin, pendaki  dari Semarang kalau gak salah inget. Ngobrol bentar lantas dimintain tolong ngefotoin. 
Turun lancar sampai BC Asar, kuy sholat di masjid deket BC. Trus balik deh ke Jogja. Tukeran yg jadi driver. Selalu ya, kalau habis nanjak rasanya dijalanan ngantuk pol. Sampai di masjid Mardliyah sekitar Magrib. TitiDJ teman2 ^^/
Alhamdulilah, touch down home sekitar Isya’.
.
.
Saya mencoba mengingat cerita perjalanan kita waktu itu, kangen kalian gaes. Jadi, kapan kita tek tok kemana bareng lagi? 

Komentar

  1. Wogh.. Tumben Andong sepi.. haha

    Tapi kalau naik pas musim hujan ya jadinya kabut kayak gitu.. hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, weekday soalnya hari senin lagi. Emg pada bisa ngumpulnya tgl segitu. yah belum rejeki dapet cerah

      Hapus

Posting Komentar

Komen sini boleh, biar ada feedback gitu