lanj. Pendakian Pertama, Merbabu Jalur Cuntel

Sebenernya masih ada puncak trianggulasi 3.145 mdpl, cuma aku gak ikut kesitu, aku lebih memilih memulihkan energy untuk sekedar berdiam diri di puncak klentheng songo. Btw puncak rame lho, udah kayak mall aja, look. 
puncak se-rame mall
trianggulasi

Dipuncak walaupun siang hari yang terik tapi tetep suhunya dingin. Yang gak pake sunblock, pas pulang muka jadi kebakar, aku nih salah satu korbannya, lain kali don’t forget to bring sunblock yes.
Kita nyampe puncak skitar jam 12 PM, turunnya jam 3an kabut udah mulai naek hawa dingin makin dingin, jalanannya sama kayak waktu pas berangkat, masih kering, berdebu, berbatu, licin(untuk sepatu yang bukan trekking bakal sering terpeleset), don’t forget to bring masker/slayer biar upilnya gak item-item banget, iyuuuh, haha.
Wah kalo turun ini aku bisa lumayan cepet, bebannya beda dengan ketika naek. Aku sering didepan kalo ini, tapi tetep, aku juga yang sering minta break, huhu, dan aku juga yang sering dehidrasi duluan, padahal ini air minumnya bener-bener kosong, mana grup sleman dan jepara juga limit air, tapi seteguk dua teguk mereka ngasih, oase ditengah pendakian.
Break agak lama di pos pemancar nambah ada 2 mbak-mbak yang nungguin temen-temennya kemas-kemas untuk turun. Karena aku kehausan minta deh seteguk air pada mbaknya, untung dibolehin ya, udah ga kenal cumi lagi, oase ditengah pendakian.
Ini kelakuan 2 orang unik yang sepertinya kurang capek, sempet-sempetnya yang lain istirahat, yang ini manjat tower, anak ini emang unik(red:Aya). Yang katanya melihat pemandangan dari situ lebih bagus, eeer sedikit envy pengen juga manjat, cuma aku kok capek. 
manjat menara yang masih belum capek

Aku ikut-ikutan bikin foto yang kayak kakak satunya ajalah, foto kayak gini, motoin sepatu, hehe.

Perjalanan turun dimulai, disini awal nyasar ke jalur lain, haha. Disini juga tim kita dengan tim sleman, jepara pisah, entah yang memulai perjalanan duluan tim kita atau mereka, mulai lupa.
Yang mimpin jalan emang fleksibel, kadang aku, kadang Darul, kadang Aya, kadang Pendi. Sialnya gak ada satupun dari kita yang tau kalau ternyata ada 2 jalan yang berbeda disitu, look similar guys,really. Bedanya cuma, kamu harus ngambil jalan kiri terus untuk sampai ke jalur cuntel and well kita ngambil jalur kanan terus, alhasil sampailah di jalur Thekelan, damn we like this journey, haha. To be honest, aku merasa bersalah(lagi) soalnya pas aku yang didepan aku emang ngambilnya jalur kanan terus dan jalannya tuh lbih enak daripada yang kiri, bahkan aku sempet bilang juga ke tim “aku njupuke jalan kanan trus yo, soale biasane kanan ki jalan kebenaran” yah mereka nanggepin sekenanya aja. Jalannya antara kanan dan kiri itu kayak gak ada pembatas gitu guys, gak keliatan juga kalo nyasar. Salah satu dari kita ada yang nyadar pas udah nyampe lumayan jauh, “Rul, iki dalane salah po ra to kok kayake bedo?” “Bener kok, yuk rodo cepet wae le mlaku keburu peteng” salah dan kita tetep melanjutkan. Sampai nemu ada tenda dan untungnya ada penghuninya, kita nanya “mas ini jalur apa ya?” “thekelan mas” “waduh, …”(trus menceritakan kenyasaran kita panjang lebar), itu kondisi dimana air minum kita abis-bis, kita minta masnya dikasih deh 1/3 air mineral yang 1L, uwuwu oase banget, “nuwun mas”.
Kita berunding, “apik e nggolek dalan dewe po munggah meneh?” “njajal golek dalan dewe wae yo, bismillah”. Rumput ilalang yang tinggi-tinggi, gak bisa ditebak bawahnya berlubang atau gak, ujungnya jurang atau bukan, hanya bisa ber khusnudzon. Menuruni jalanan miring yang ber ilalang lebat dengan penuh kehati-hatian, tentunya yang nyari jalan yang cowok, cewek dibelakang ngikutin, diujung jalan “kayake ngisor kae jurang, iki ra iso dilewati” “yowis munggah meneh sik wae”, berpegangan dengan rumput ilalang kita naik ke jalan utama lagi. Berunding, “piye nek bali munggah meneh?” “aduh, aku nek munggah luwih cepet ‘dug-dug’ je”, “Dibagi 2 wae, 2org turun lewat thekelan, 2 orang naek lagi ngowo kabeh peralatan turun lewat cuntel, ketemu di basecamp cuntel”, “Oke, rapopo ki? Tenan? Nuwun yoo, sori ngrepoti”(ngerasa bersalah lagi). Hasil akhir aku dan pendi turun lewat Thekelan, mereka berdua naik lagi dan turun lwat cuntel. Pembagian rata ada cowoknya ini biar kalau ada apa-apa kan gak ngerti to, ini hutan bro, biar ga cewek semua, lagian kita belum ngerti trek Thekelan kayak gimana, “deal”. Air minumnya dibawa mereka dan mereka membiarkan aku menelan seteguk dulu untuk the last, huhu.
Turunpun aku sering break, jalan di thekelan kecil gitu sih, turuuun terus treknya, jarang ada batu, tapi tanahnya udah dibikin undak-undakan gitu walaupun gak teratur banget, berasa lama banget ini jalan gak berujung. Nemu deh pos 4, well yeah dari tadi baru pos 4, kayaknya cuntel aja cuma ada 3 pos deh. Semangat menuruni trek walaupun gak ada minum, justru itu kita semangat nurunin buat nyari sumber air juga, hosh hosh semangat, selalu deh si pendi bilang “kayak e ngisor eneng uwong kok fi, suarane sih cerak”. Emang setelah masnya yang kita tanyain tadi gak nemu lagi orang.
Terpampang pos 3, dan disitu ada kran, uwaaah oase, alhamdulilah banget, ngisi stok air minum, semua botol diisi, aku yang paling *mataberkacakaca, air iyeeeay. Jangan kaget yah, anak gunung minumnya air kayak gituan, pertamanya aku kaget juga “ini diminum?” itu di sumber air pas berangkat ndaki, gapapa biar imunnya kebentuk kan ya, kebal InshaAllah. Semangat deh ada asupan air.
Yo turun, turun, nemu deh pos 2. Itu jarak antar pos jauh-jauh lho ya jangan dikira deket, beeeh kudu semangat pokoke. Asyiknya di pos 2 ini ada rombongan lain yang juga mau turun, yeay akhirnya barengan deh, satu lagi saudara. Mereka anak politeknik dari Kalimantan yang magang di Salatiga, mereka ber4 juga, dengan komposisi yang sama seperti kita. Satu dari mereka ada yang salatiga asli jadi kayak guide gitu deh. Merasakan asyiknya ada barengan, gak kerasa capek sumpah soalnya banyak yang diobrolin disana, mulai dari kampus, kesurupan di pos 2, dinginnya malam, dll, pokoknya celetukan spontan yang bisa bikin efek ketawa. Sayang, 2 cowok disitu merokok semua. Mereka itu kayaknya anak-anak rohis, keliatan yang cwe pake rok padahal ndaki lho ya, yang cowok pake sandal jepit, kurang wow apa coba, aku sempet nyeletuk “wah, mbaknya ndaki pake rok, hebat mb” “masnya ndaki pake sandal jepit, wow banget” itu pujian lho ya bukan sindiran, aku sih ngebayangin betapa ribetnya. nyampe juga di pos 1 ada kran dan penjual gorengan disitu, break lama, mereka bagi-bagi makanan, pas di pos 2 mereka juga bagi sari roti kok, how lucky, hihi, laper soalnya. Sampai di basecamp gak terasa capeknya, padahal itu perjalanan panjang, oi kalimat ini ada benernya kok “lelahku tak berasa karena ada kau disini” haha. Eh btw, salah satu masnya disitu ada yang agak ganteng guys, jadi eye catching gitu, tapi mbaknya cantik-cantik juga sih, diliat-liat hubungan mereka dekat gitu sih, mungkin mereka melihat aku dan pendi itu dekat juga tapi kita cuma temen kok, he’s actually my childhood’s friend, really, temen jogging juga.
Baik, sampai basecamp thekelan kita curhat ke penjaganya, sudah diputuskan untuk ke cuntelan via ojek, tarifnya ini 25rb guys, merogoh kocek dalam, bokek sudah saya, tapi untuk perjalanan yang seperti ini gak akan menyesal, bahkan nagih.
            Di basecamp thekelan sekitar magrib, istirahat bentar, trus pamit deh sama timnya yang aku nebeng ikut turun tadi “mb, mas, makasih ya udah mengijinkan kita nebeng ikut rombongan kalian, makasih juga untuk sari roti dan gorengannya, makasih ngihh, duluan yak kita jadinya pake ojek” *jabat tangan, ngreeeeng kita berangkat ngojek(ojek dadakan yang ada kalau situasinya kayak gini aja). 

Di perjalanan ngojek menuju basecamp cuntel aku ngobrol banyak hal dengan mas ojek(yang sebenernya tim jaga basecamp), wuiih aku heran sendiri gimana bisa aku melontarkan banyak pertanyaan tentang merbabu, kok bisa ya aku secerewet ini, sisi lain diriku. “emang mb yang dari jalur cuntel biasanya nyasar ke thekelan, dan gitu juga sebaliknya, soalnya itu kan turunnya pertamanya satu jalur nyabangnya hanya kanan kiri gitu jadinya banyak yang nyasar” nyeess deh ati gue, kan kalo ada banyak temennya itu jadi tenang kan ya, akui aja kalian juga gitu kan. “mas emang dulunya ada gak sih korban merbabu yang nyampe meninggal gitu?” “ada sih mb, tapi udah lama tahun 90an gitu, mungkin kedinginan dan kehabisan logistik”, “mas emang merbabu ada binatang buas kayak macan, ular gitu gak sih?” “ga ada sih mb, paling rusa kijang”. “itu kan jalur thekelan baru habis kebakaran mb tapi sekarang udah pada numbuh tumbuhannya” “oh iya mas, pantes itu pohonnya yang gede-gede pada hangus, sudah kuduga(gaya instagram, haha)”. “mb dulu ada yang pernah hilang gitu gak nemu jalur yang benar selama 3 hari eh katanya dia nemu penjual sate mb, penjual sate itu yang nunjukin jalan turun, ya ceritanya kayak magis gitu” “ah iya ya mas, kan gak mungkin banget di hutan gitu ada yang jualan sate, oh jadi ada gaib yang baik juga to mas”. “eh mas itu kan di pendaftaran masuknya ada 3ribu buat asuransi, asuransinya itu maksudnya ditujukan untuk apa ya?” “itu kalau ada yang kesurupan gitu mb kita jadi repot nyari orang ahli yang bisa menyadarkan, itu juga dipake ketika ada yang sakit berat(emrgency), trus dijemput sampai jalur yang bisa dilewati motor, kan itu ditiketnya ada CPnya mb, telpon aja” “iya sih kalo ada sinyal mas, sinyal diatas aja susah”. Masih banyak lagi percakapannya tapi aku lupa.
            Pendakian pertama dan ke-nyasar-an ini tak membuatku bersedih dan tak juga merubah cara pandangku tentang pendakian, tetep “nyenengin”, tak apalah nyasar ke jalur lain, dalam sekali jalan malah sudah pernah merasakan 2 trek sekaligus, ndakinya lewat cuntel turunnya lewat thekelan, seperti pepatah 2,3 pulau terlampaui lah ya.
            Awalnya pendakian ku bertujuan untuk ikut-ikutan mainstream ngambil foto di puncak, soalnya pengen viewnya yang wow banget, dan pengen ngerti rasanya tuh kayak gimana toh. Pas udah merasakan mendaki itu gimana, aku bisa menemukan banyak hal dari sini, lebih dari tujuan awal, persaudaraan, semangat untuk satu tujuan yang pasti, keakraban(sosial), berbagi, empati, dan yang paling penting menyingkirkan rasa egois yang tinggi. Tujuan awal itu menjadi nomer sekian banget, udah nyampe puncak aja rasa syukurnya MasyaAllah, soalnya perjuangannya itu lho berasa banget, benarlah apa yang sering dikoar-koarkan para pendaki, foto itu cuma bonus.

Thankyou for this really amazing adventure, guys.



Kata masnya yang di basecamp “Pendakian pertama itu efeknya kedepan kalau ‘gak ingin’ lagi mendaki ya bakalan ‘pengen berat’ ndaki lagi”. Ah dan aku udah tau efek samping dari pendakian pertamaku, aku nagih untuk bisa menapakkan kaki di puncak gunung-gunung lain di Indonesia. See you next trip *emotlambaitangan. 

Komentar