Drama Semeru

Semeru memberiku semangat baru untuk melanjutkan kembali menulis perjalanan pendakian. Ini lebih ke curhat sih ketimbang tentang perjalanan pendakian, tp setiap perjalanan ada hikmahnuya lah ya.
Halo readers, long time no see. Oke baik, kita mulai ya.
Backpackeran Semeru dilakukan sekitar 5 hari. Kita berangkat dari jogja ber-4 dan well yeah aku cewek sendiri, jare nek cewek dewe “menang akeh”, tapi nyatane -,- ntar deh ya tak ceritain dibelakang, bisa disimpulin sendirilah.
Dari jogja berangkat hari senin kembali pulang ke jogja jumat. kita berangkat dari Jogja jam 8. Rencananya sih mau berangkat habis shubuh, ah wacana orang indo, biasalah ngaret. Btw kita berangkatnya kagak pake kereta, tapi motoran. Sebenernya aku yang nyaranin pake kereta biar enak kaga pegel nenteng carrier, tapi apalah satu suara doang mah gak didengerin. Jadilah motoran, ya maklum anak touring, toh aku juga nebeng alias bonceng terus. Yaudahlah ya gak usah banyak ngeluh, driver e wae ra ngeluh raiso tukar posisi. Padahal aku wis sinau numpak motor sport, diajarin kamu, wkwk. Aku sih segala hal tak pelajarin, termasuk cara dapetin kamu, eh kagak dink, haha.
Kita lewat jalan solo, terus gak ngerti jalan, alhasil pake gps. Akulah yang jadi tumbal buat baca navigasi. Padahal tau sendiri kan, cewek kalau harus baca navigasi itu amat sangat kepayahan. Sering puter balik gara-gara kejauhan dari jalur gps, maapkan diriku yang gak becus baca gps. Uh tau gak, dijalanan puanas banget, mana waktu itu aku pake sandal, pas istirahat di pom langsung kelihatan belang, siip feels like habis mantai lah, gosong. Jalanan daerah ngawi anginnya kenceng, mana hutan jati everywhere, tp jalanannya landai sih, jadi enak. Kita nyamperin ke jombang dulu, ditempat temennya amat. Oh ya btw perkenalkan temen-temen yg dari jogja ada idzhar tp aku seneng manggil dia amat biar merakyat kayak temen2nya ketika manggil dia, ada imron tp sering dipanggil imon, ikhsan tp panggilannya son. Sedangkan yg dari jombang namanya juddi. Kita sih seumuran semua jadi aku santai aja langsung panggil nama gak pake mas. segitu orang aku hanya kenal amat doang. Waktu tempuh Jogja-jombang sekitar 5 jam udah termasuk istirahat, makan, lalala. Aww nyampe rumah juddi rasanya pegel2 hilang, kita istirahat disana lama soalnya, ngulur boyok lur, sekalian nyari surat sehat dll. Otw ke malang habis magrib, aku suka jalanan disitu melihat kerlip lampu dibawah berasa bukit bintang versi malang. Menurutku kota malang cantik, bersih, dan tertata. Suka ketika istirahat sholat di masjid balkot malang, arsitek dan designnya mengagumkan, berlama-lama disitu aku betah, disitu hawa dingin udah mulai berasa. Hei waktu itu aku kebelet pipis, tp karena udh jam 9an jadi sepi disekitaran masjid. Mana toilet cewek dilantai 2, berani-gak berani sih, tak ajakinlah satu temen cowok karena mau ngajakin temen cewek ga ada. Kita gak beristirahat lama disitu. Lanjutin perjalanan ke tumpang. Kita melewati kompleks elit, bangunannya mayoritas aduhai. Waktu itu aku melihat plakat sekolah namanya selamat pagi, aduh itu lucu sekali, beda aja, aku suka aku suka *meimei. Memasuki tumpang jalaannya ajib coy, khas gunung gitu lah, nanjak mulu, tikungan2 tajam, jalan berlubang, dingiiin sekali rasanya pengen meluk driver haha. Berulang kali driverku bilang tanganku adem banget, iki jajal demok, nih orang modus apa gimana ya, karena tanganku jg dingin ya tangan dia berasa gak dingin. Tp jalanan disitu ketika hampir nyampe BC kanan kiri ada bebungaan, uh cakep lah.
Sebelum nyampe BC ranupani tinggal sak plintengan malah dalane lagi di cor. Kok kayak lagu ya “iki ati dudu cor-coran”, malah baper. Alhasil kita melipir lewat jalan sangar, lemah e gembur banget, kanan kiri sawah warga, berasa diajak nge-trail off road haha. Jam 11 nyampe ranupani, semua gelar matras dan SB bersiap utk tidur pules, disitu dingin bangeet. Para pendaki disediain aula terbuka utk nginep, jadi udara dingin gak ada penghalangnya, agak beda ya dengan BC di gunung jateng.
ini nih ranupani, BC paling cantik. cantik ya, kayak yg inframe >.<
 Keesokan paginya packing nanjak, rencananya mau nanjak jam 9. Ngurusin pendaf lalala, trus briefing. Kita ikut briefing yang kloter kedua soalnya harus nunggu tim lengkap semua, padahal sebenernya udh siap ikut kloter pertama tapi baru 2-3anggota, yg laen bokerlah, sebatlah.
Bapaknya yg  ngasih briefing enak didengerin, gak ngebosenin. Isi briefing ya seputar semeru ttg mitos fakta, mistis, korban semeru, dan panthera padus. Intinya dijaga deh kekompakan tim, biar apa? Biar kalau ketemu panthera kagak sendirian dan gak jadi santapan hewan itu. Setelah berdoa kita jalan deh, jalan-jalan uhuuuy, itu kita lakukan sekitar jam 11. Ajiib dah tiap pos di semeru ada yang buka lapak, jualan cemilan, buah, minum, lengkap deh. Yang jadi favorit kita waktu itu semangka seiris tiap orang dan itu kita lakukan tiap pos, segeer nan haha. Dan yang enak lagi, itu gratis karena yang bayar mereka wkwk. Trek semeru mah enak banyak bonusnya, sekali landai, landai terus, tp sekali nanjak nanjaaak tinggi. Kita melewati 4 pos sebelum sampai ranu kumbolo.
Oh iya, waktu itu gak terlalu banyak yang nanjak, tp kita sering salip2an sama mbak2 chino-an itu, yah candaan ala2 anak gunung lah, garing. Sampe ketika papas an udah kehabisan ide mau nyapa gimana, haha. Disetiap perjalanan juga nyanyi2 persis kayak anak TK kalau piknik, bedanya genre lagu aja : dangdut, kebangsaan, pop barat, islami, tiap genre itu beda-beda juga pemilik hpnya.
Nyebelinnya tiap istirahat mayoritas ngerokok, asapnya bikin gak kuat pengen ngoceh. You know lah ya perokok pasif itu lebih berbahaya ketimbang perokok aktif. Gara-gara gabut yg laen ngerokok semua, gue juga pengen nyoba satu sedotan ajaaa, eh tp gagal nyedot, pas gue yg nyedot kaga ada asep yg keluar, ew. Pos 1 sampai 2 landai, berliku-liku, panjaaang. Pos selanjutnya deket-deket, banyak pohon tumbang tiati kepalanya kejedot.
Kita sampai rakum sekitar magrib. Kita mah pejalan santai, tiap pos istirahat makan semangka, istirahat sholat. Uwuwuw, rakum cantik cuy, mengingatnya aku tersenyum. MasyaAllah ya di ketinggian sekitar 2400mdpl ada danau, begitulah Allah menciptakan keindahan, padahal ini baru didunia.
rakum, uh ngen ngen
Nyampe rakum pasang tenda, masak, makan, sholat, dll. Aku tidurnya ditenda sendirian, luas coy iso dingo nglundung2. Bintang waktu itu gak terlihat begitu banyak, soalnya ada cahaya terang dari rembulan, sepertinya hampir purnama. Kagak ada percakapan serius, ya hanya candaan receh, dan mereka sukanya ngebully gue -_-. Eh iya, baru tau ternyata kalo jalan sama cwok2 itu percakapannya seputar mesum-mesum mulu elaah bosen, anak keperawatan diajak ngomong begituan yo nyambunglah. Ter-survei ki imron, "menurut survei yg aku lakukan, cewek ki biasane sik seneng njaluk oral s*k " wkwkwk, po iyo, koyo wis tau wae --"
Pagi harinya jam 4.30 alarm ku nyala dengan nyaring. Bagunlah, ngebangunin tenda sebelah, “shubuh oey!”. Kaga ada yg bangun, alhasil aku shubuh duluan, nyari air di rakum, wudhu, sholat. Enak ya camp di rakum, bisa ngambil air sepuasnya. Menurutku waktu itu gak dingin banget, soalnya gak ada bunga es ditenda, dingin normal lah kayak di gunung lain. Waktu itu viewnya udah cantik, matahari mulai menampakkan sinar jingganya, uh kangen dah suasana pagi digunung, matahari selalu memesona. Sekitar jam 6 kita foto-foto sik paling sregep foto aku ro imron, liyane isih bobok SB-an. Bosen foto kita masak, makan,  bongkar tenda, packing, kuy kalimati. Sebelum ngetrek kita foto bareng di rakum, eh ada mas-mas tenda sebelah yg udah terkode sebelum disuruh, nawarin ngefotoin dia, thanks mas walaupun fotone ra eneng sik bener, soale sik ra bener ki model e sajake.
tim ter-gak kompak.
Hmm, tanjakan cinta didepan mata, kita siap menghadapi, mitosnya taulah kayak gimana, aku tipe yg gak percaya sama mitos, jadi ya sering nengok kebelakang, eh rakum cantik ngets lho diliat dari tanjakan cinta, mereka yg gak nengok kebelakang rugi dah. Kayaknya kemaren ada 2 orang yang khidmat kaga nengok kebelakang deh pas ditanjakan cinta, mungkin mereka lagi ngebayangin pevita :P. sebenernya tanjakan cinta gak se-nanjak seperti pos 3 merbabu via selo, lebih santai ini menurutku.
view rakum dari trek tanjakan cinta
Habis tanjakan landai kok, malah turun pas di oro-oro ombo. Sayangnya bebungaan verbena yg ungu2 mirip lavender itu lagi gak berbunga karena kemarau, coklat semua, padahal kan mau nari-nari kayak india kalau bunganya mekar, haha. Besok kuy sini lagi lah, pengen liat oro-oro ombo pas mekar. Sebelum sampai kalimati ada sabanaa luas banget, akan lebih cantik kalau hijau, tp kala itu kecoklatan.

sabana
Camp lah kita di kalimati, ngediriin tenda, persiapan sholat, ambil air lalala waktu itu jam setengah 3an. Ada seorang yg tinggal ditenda sekalian disuruh masak mie, digunung mah gitu, cowok yg masak :D. Aku selalu suka ketika jalan menuju sumber mani buat melaksanakan sholat, rasanya ada perjuangan yg bermakna gitu, ibadah. Kita waktu itu dzuhur sekalian asar di sumber mani, bawa matras, rukuh, dan sekalian botol air kosong. Airnya uh nyeess, habis wudhu berasa ringan, tenang, bersih. Itulah mengapa kalau kamu serasa ingin marah maka berwudhulah, sebab wudhu itu bikin nyeees.
Emang dasar ya di tim ini tuh gak ada yg cerewet, kecuali aku, aku juga gak cerewet sih cuma dikiiit. Malam itu setelah makan malam gak ada percakapan yg bermakna(lagi). Aku dikon ngliwet, yoh, akhirnya aku berguna, haha. Malam itu pemandangan bintang cakep, pengennya sih tiduran melihat taburan bintang, tapi apalah daya dinginnya kaga kuat, masuklah ketenda. Eh iya, pas camp dikalimati, tendaku gak lagi berisikan aku doang, ada makhluk astral lain yg juga disitu, amat ki mekso turu ning tendoku, jare tendo sebelah sumpek nek diisi wong 4, halah alesan, nek pengen turu ro aku omong wae :P. Kan matrasnya ditendaku cuma satu tuh, dipake semua lagi sama dia, dasar kagak peka -_-. Ya Allah maafkan kita tidur setenda berdua, semoga aku engkau ampuni, ini murni terpaksa. Tau lah ya dinginnya gunung, rasanya pengen ada yg mendekap haha, ngarep lu. Mana le turu singkur2an, dia hadap kanan aku hadap kiri, kayak buka barisan. Suasana sunyi, kagak ada yg mendengkur diantara kita berdua. Aku mah tidurnya anteng, untung sebelahku yo anteng, nek ra anteng meh tak tali :D. Kaga ada adegan romantis kayak drama korea gitu ya, padahal aku ngarep wkwkw, pas satu meghadapkan muka ke kanan yg satu kekiri, uh imajinasiku lagi rancu. Kita tinggalkan tidur berduanya, lanjut cerita semeru.
Jam 11 semua alarm bunyi persiapan summit attack. Makan, dandan, lalala kita nanjak jam 1 dini hari. Uwaw  jalannya sangat berdebu sekali gaes, diinjak sekali langsung semua debu beterbangan. Makanya aku suka jalan didepan meminimalisir debu. Aksesoris wajib ada senter dan slayer/masker. Jalannya nanjak mulu ya. Sampai di trek berpasir drama dimulai, ekeke. Bener apa kata orang-orang, naik 3 langkah turun 2 langkah, uh rasanya kudu sabar, kudu kuat. Sampai dipertengahan fajar terlihat terang, sholatlah kita. Karena kagak ada tempat datar disitu, kita sholatnya duduk di trek berpasir. Allah tahu keadaan hambanya, yg penting kita melaksanakan apa yg memang seharusnya kita wajib lakukan, urusan kedepan biar Allah yg menentukan.
Habis ini nih semangat mulai kendor, padahal kita regu depan pas nanjak, eh sampe pertengahan situ kita grup terakhir, huhu. 2 orang, juddi dan son udah jauh diatas, tinggal orang-orang ecek2 aku, amat, dan imron menjadi kaum terbelakang. Sebenere amat kuat sih dia cuma jadi sweeper aja, nungguin anak2 lemah kayak aku dan imron yg dikit2 istirahat, kapan nyampe atasnya kan :D. aku berharap semoga dia ikhlas nungguin selownya jalan ku, bukan karena terpaksa. Btw view disitu ajiib coy, setelah terang pemandangannya masyaAllah like it.
view dilihat dari trek berpasir
Nah habis ini nih, drama wkwk. Maafkan aku gaes, bukannya aku menyerah mau lanjut naik tapi aku kagak betah sama tingkah kalian berdua yg mendiamkanku, berisik dibelakangku, entah kalian disitu ngomongin aku atau bukan, tapi hal itu harusnya gak kalian lakukan, kalian harusnya membicarakannya juga ketika bersamaku. Jadi ingat hadis ini “apabila kamu bertiga, maka janganlah yang dua berisik tanpa yang ketiga, karena hal itu dapat menyinggung perasaannya” (HR.Muslim). Tuh islam itu asyik ya mengatur segala hal yg tidak mengenakkan dihati. Aku juga masih belajar banyak hal, termasuk mengendalikan emosi, namun aku belum mampu, mari belajar sama-sama
Apa yg terjadi waktu itu? Aku maunya turun! Kalau kalian berdua tidak mau turun biar aku sendiri. “Mohon ikhlaskan aku kalau aku ketemu panthera dijalan” gitu waktu itu aku bilang, ih cewek kok drama ya. Malah dibales “nek ketemu panthera ditunggangi wae, ben cepet” wkwk asem. Trek berpasirnya enak buat lari, bayangin aja kayak larinya anak kecil. Tapi gak enaknya semua pasir dan kerikil banyak yg masuk ke sepatu, huhu ini menyakitkan. Kabar bagus mereka berdua turun juga, tapi mungkin karena terpaksa, dan suasana waktu itu gak enak banget, jauh-jauhan. Maaf ya gaes jika aku bersalah.

Sampe kalimati duluan mampir ke warung beli semangka, dan minum. Nyampe tenda sepi, bingung lagi mau ngapain, suasana hati lagi kalut. Tiba-tiba mas tenda sebelah baik hati ngasih minum seliter. Lamaaa banget 2 orang itu gak muncul2. Bergabunglah mereka ke tenda sambil bawain bakso habis beli di warung. Suasana hening, diaaam semua. Aku bukalah percakapan, aku yg merasa bersalah aku beranikan bilang “Hai gaes, aku salah opo to kok do ngenengke aku ki?” “Maaf yo nek aku tidak bisa seperti yg kalian harapkan” “aku pengen nangis ki” “Hei, dijawab” hening, akhirnya ada yg nyeletuk setelah aku mention satu-satu. “Yo nangis o nek menurutmu mampu membuatmu lega”. Nangislah aku, kalian harus tau air mata itu memang tidak mampu menyelesaikan masalah tapi bagi cewek, menangis mampu melegakan segalanya. Hai kaum adam, kalian harus tau, pertahanan seorang cewek utk minta maaf duluan itu berat jadi mohon dihargai karena pertahanan terhadap egonya telah runtuh, hanya utk meminta maaf. Maaf jika caraku berbeda dengan kalian, mungkin kalian berpikir dengan diam semua akan enak pada waktunya, tp bagiku dengan tdk mengungkapkan menambah keruh suasana hati dan pikiran, maka wajar jika aku menggungkapkan termasuk masalah pribadiku dengan amat. “Mat, kowe stress nek ngejak dolan aku?” “iyo”. Iya kulihat kamu selalu murung ketika jalan denganku. “kowe harus mendapatkan stress biar hidupmu seimbang, ben ora sik indah2 wae, jadi aku ki sakjane penyeimbangmu :P” masih dalam suasana kalut aku ngomong gitu, soale aku bar nangis dadi rada lega, mulai bisa ngelucu, ngelucu tapi serius. Bener aja, imron ketawa kok dengernya. “iki kok koyo cah cilik yo” “wis-wis le nangis, ra apik krungu tetangga tenda”. Itu aku curhat sama mereka sambil bikin oseng, tp menurutku gagal, wkwk. “Hei, iki oseng e nek ra enak mengko dibuang yo, sori yo bahan e kalian tak jadikan percobaan”. Kalau diingat kejadian waktu itu berasa lucu ya, lucu tapi bermakna, karena setiap kejadian ada pelajaran yg bisa diambil. Ambil yang baik, maafkan yg bersalah.
Gak lama kemudian judi dan son dateng membawa kabar baik beserta dokumentasi ketika dipuncak. Uuh, pengen kak, mungkin akan lebih baik jika ada foto kita ber5 dipuncak dan suasana hati akan lebih baik. Tapi aku tidak terlalu terobsesi dengan puncak, sudah tau sebagian besar gambaran trek semeru sudah cukup mengobati rasa penasaran, dan yg terpenting adalah mensyukuri nikmat Tuhan. Aku turut bahagia kok 2 temenku bisa nyampe puncak, gue bangga se-tim dengan kalian, walaupun kalian gak bisa membanggakan apa2 dariku yg mungkin malah membebani kalian.
aww mereka sampe puncak, turut bahagia :)
Suasana waktu itu mulai membaik, cair lagi, mulai ada percakapan yg gak berfaedah antara aku amat dan imon, karena waktu itu kebetulan kita setenda. 2 yg lain ditenda sebelah. Amat bilang "pijetan wae daripada gabut" aku selalu gak bisa nolak permintaanmu, aku tergoda dengan pancinganmu, aku juga merasa membebanimu karena gak bisa tukeran jadi driver. imon bilang "manutan", aku sedih teman2mu berprasangka negatif terhadapku gara-gara sikapmu yg tdk bs aku menolaknya, itu terlihat aku seperti cah pabu, padahal podo-podo gelem. rasanya pengen berkata kasar. dan lagi katanya aku dibilang "penggoda" aku sakit hati dengernya, huhu, sejahat itu diriku, hanya karena kamu temennya dia bukan berarti kamu harus berada dipihaknya terus kan "jangan hanya berpikir dia yg akan tergoda, pikirkan juga jika itu aku yg tergoda", aku yo iso lungset. teringat juga waktu makan malam sebelum summit attack, dia bilang "sendokke ming siji ki ngopo ra di dulang wae", lantas aku menyuapinya, sakjane ben cepet juga sih. sama halnya ketika mau kuy sholat ke sumber mani, dia bilang "ayo sholat, po njaluk di gendong?" stop flirting on me, aku mulai tergoda. masih lagi pas motoran "koyo imron kae lho, le bonceng gujengan" lagi-lagi aku tergoda. padahal imon pernah bilang "cewek ki biasane sik seneng mancing-mancing", nek ngeneki sopo sik mancing mon? -_-. setelah imon memutuskan utk tidur, tinggallah kita berdua yg gabut, mau maen remi/uno kagak bawa, maen hp gak ada yg menarik, katanya "mending main disemak2", halo kaum cowok mohon kondisikan otak lu. "kowe luwih ayu ketimbang mb anyar" dasar lambe turah, pengen tak plester. terus yg di-tua-kan dari kita si ikhsan komentar "jagalah hati". mohon dilihat dari banyak perspektif sebelum menyimpulkan, agar aku tak terlihat kalian hakimi sebagai yg bersalah, kaum minoritas, huhu.
Jam menunjukkan waktu dzuhur, kuy lah kita ke sumber mani buat sholat. Sekalian bersih2, cuci muka, sikat gigi. Waktu itu kita bertiga aku, son, amat. Pas balik mau ke tenda, son dan amat membahas sesuatu yg sepertinya aku tidak seharusnya tau, lagi-lagi aku suudzon dengan mereka ketika bertiga tapi yg satu tidak dilibatkan. Aku ngambil langkah cepat utk menguatkan hati, berkhusnudzon mereka kagak membicarakan gue. Ya, aku menghargai percakapan antar lelaki. Jam 2 bongkar tenda, terus makan bakso (again), terus turun. Lagi-lagi suasana jadi gak enak terlepas dari mungkin karena percakapan antar 2 orang tersebut atau bukan, entahlah. Suasana sepanjang jalan masih kaku, uh ini nyebelin banget. Entah itu cuma feel ku atau gimana tapi itu gak enak banget! Aku emang perasa banget karena cewek itu mainnya perasaan sedangkan kalian mainnya logika, you have to know. Pas turun aku memilih utk didepan, soalnya dibelakang berdebu. Aku nek mudun iso wuz-wuz lumayan menyamai langkah kalian, tp nek munggah tulung dienteni.
foto wae, sekalian nunggoni kancane lagi ngising. dasar pendaki ngisingan :D
Nyampe oro-oro ombo ada drama lagi, drama apa? drama bollywood india2an wkwk. Dipenghujung oro-oro ombo ada tanjakan, menurutku itu tanjakan kebencian soalnya seberangnya ada tanjakan cinta, karena hidup harus seimbang. Sampe rakum sholat asar+magrib. Apa disana ada yg lucu ya? Sampe mereka pada ketawa dengan tingkahku. Mungkin aku kayak Patrick yg tingkah bodohnya enak buat diketawain. Drama lagiii, hari itu aku kok drama mulu ya, efek hormonal kah, PMS mungkin sih. Ada pesan yang enak “kui hanya pikiran negatifmu wae, sebenere sih ra eneng permasalahan” “nek menurutmu bener sih lakukan wae” kemudian aku tersenyum, oke aku setuju. Aku disuruh diem disepanjang jalur turun habis dari rakum, padahal aku biasa kamu ajak cerewet, kamu iya kamu. Mencoba tuk mengerti kalian para kaum adam, maka aku diam! Tp rasa kantukku supersekali, rasanya mata ini susah melek, seriusan dari pos 4-BC kantuknya ga ilang-ilang. Makanya aku nyanyi2 mulu, biar deh ga ada percakapan gapapa setidaknya nyanyi2 sendiri bisa ngurangi kantuk(dikit). Waktu turun papasan banyak rombongan, 70 orang kata bapaknya yg cerita waktu itu. Banyak ya. Ada yg menarik, senter masnya nyala kayak sorot diskotik, aww aku ingin yg kayak gitu satu :3. Di pos 2 kita istirahat lama, soalnya aku lapvar, makan dulu lah ya daripada pingsan malah repot tuh. Maap jadi lama, mood ku habis kenyang membaik, kayaknya gue badmood gara2 lapvar deh, wkwk. Trek pos 2 sampai pintu gerbang jauuuhnya, berasa gak nyampe2. Sampe ranupani jam 11, kuy sholat terus tidur. Waktu itu BC gak terlalu rame.
Loket buka jam 8an, bergegas ambil ktp. pas makan di warung ada kucing dateng, ndut dan so fluffy, saya suka saya suka *meimei. kenapa kucing mendekatimu ketika kau makan? dia memilihmu agar kau memberi, memberikan sedikit makanan yg kau makan untuknya, karena ada hak si kucing dalam makanan yg kamu makan.
Terus pulang, otw jogja, horee. jalanan setelah ranupani gak ada yg bener karena jalan yg biasa dilewati lagi di perbaiki. jadi lewat jalur alternatif. Uh debunya mantaps, jalannya licin bukan karena becek tp licin karena keriing jadi sering selip. dua kali jatuh bareng kamu, "kowe rapopo to?", iyo santai ra eneng sik cidera kok, paling sik cidera ming atiku bar tok tibakke. habis itu jalannya menurun teruuus, meliuk-liuk, tp banyak  bunganya, cantik. maapkan aku yg melorot terus, semoga anu mu kagak kegencet, wkwk.
dijalanan yg kanan kiri sawah itu anginnya kenceng, mana driverku kagak pake jaket, padahal jalanan malam adem. tak jilihi jaketku tp gemang, yowis sesukamu waelah, sajake bocahe mengharap pelukan dariku :P. jalannya dari arah yg berlawanan isinya truk-bis-mobil dengan kecepatan tinggi, nyalipnya pun ngawur. aku sik bonceng wae deg-degan opo neh sik ning ngarep. kaget pas rem dadakan karena kucing lewat, melorot meneh. Romantisnya naek motor mah gitu, melorot, kejedot helm, pinjem bahu buat tidur, melingkarkan tangan ke pinggang. pas dijalanan aku ngantuuk banget, kagak dibolehin tidur sama ikhsan tp dibolehin sama amat asal "gujengan". sejak awal aku jarang ada kecocokan sama ikhsan, kleruu terus. akhirnya gue tidur bentar, makasih telah meyakinkanku bahwa bersamamu aku aman. kowe kok gawe nyaman aku terus je, nek aku baper piye ki. pas istiraht sholat di masjid aku melihat kekusutan diwajahmu, entah lelah fisik/pikiran. tp aku merasa bersalah padamu, karena aku tidak bisa mengurangi kelelahanmu, maksud e raiso ijolan nge driver-i.
pas makan malem di pecel lele mereka malah cerita2 mistis katanya ada hawa serem di sekitar pos 3-pos 1, tp sejauh ini gak ada yg melihat penampakan gaib. Aku gak ngerasa something wrong dengan semua jalur di Semeru, apa cuma aku yg gak ngerasain mistis. Menurut ilmu ku ya gaes, rasa takut itu ada didalam pikiranmu sehingga terproyeksi di logika kalian sampailah ke mata, telinga, dan alat indra lainnya bahwa kalian merasakan sesuatu. Tetapi aku juga percaya dengan adanya hal gaib itu karena kita emang mengimaninya. Makanya temen ku pernah bilang "kalau jalan malem, mending bercakap-cakap aja biar pikiran kalian gak kosong", itu benar dengan ngobrol jadi ngak mikirin hal negatif dalam konteks ini mistis. Tapi kalian malah sukanya nyuruh diem, kan anjay, gue yg suka cerewet pengen berontak. yasudahlah.
Dijalan solo aku berpesan "kowe ojo ngantuk yo, aku wae sik ngantuk, kowe ojo" ini berkaitan dengan keselamatanku dan kau. "aku malah ngantuk, pijeti ben ra ngantuk" ahh banyak maunya. sampai bantul hawa dingin mulai kerasa. sampai rumah jam 1 AM, pulang pagi. Saya secara pribadi mengucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman pendakian semeru, berkat kalian aku belajar banyak hal, dan maafkan jika banyak perkataan, sikap, dan perilaku yg tidak sesuai di hati kalian, semoga kalian memiliki kelegaan hati utk memaafkanku. Special thanks to amat yg udah capek pikiran dan fisik hanya demi mengajakku ikut tim mereka di Semeru. Selamat tidur, aku lelah dengan semua drama ini, hatiku juga(tired).
Semeru menye tenan, aku yo ra reti kok iso ngono. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari sebuah perjalanan, semua itu warna-warni. Seberwarna hidup ini.

Caption untuk perjalanan semeru kali ini “semeru penuh makna” “maafkanku jika aku memberimu luka maupun dosa” “tetap berbuat baiklah meski dijahati, tetap berdoa baiklah meski dizalimi” “semua pertemuan maupun perpisahan dan jalan cerita hidup ini atas skenarioNya, bahkan daun yg jatuhpun atas izinNya” “ajari aku menjadi dewasa, sepertimu” “menerima bahwa tiap manusia memiliki karakter yg berbeda, termasuk menerima mereka yg tidak bisa menerima karakterku” “lakukanlah apa yg menurutmu benar meski diluar sana banyak orang yg menertawakanmu” “selalu rendah hatilah, karena sombong adalah sifat yg hanya boleh dimilikiNya” “jangan lupa sholat! dimanapun kamu berada kamu memiliki kewajiban untuk melaksanakannya” “kenangan asam asin maupun pahit sekalipun akan menjadi manis jika kita mampu memberikan ruang kecil dihati untuk menerima” “hidup adalah sebuah proses perbaikan diri, semoga kita menjadi pribadi yg lebih baik” “terima dan teladanilah yg baik, maafkanlah yang salah” “ajari aku cara untuk menyembunyikan perasaan, agar kalian tidak tahu kemarahan dan kesedihanku, sehingga hanya terlihat kegembiraanku"
Ini foto bonus perjalanan, selamat menikmati ...
jembatannya baru kata bapaknya yg briefing

jangan lari, berjalanlah agar kau menikmati
pagi rakum, aku merindumu

adakah yg lebih teduh dari wajah yg dibasuh sebelum subuh?

Pertemanan dengan cowok itu no drama, katanya. Tp berkat aku ada di tim mereka jadi ada dramanya. Pendakian ter-drama queen. Julukan buat mereka : ter-bikin rusuh->amat, ter-survei->imron, ter-ngalah->judi, di-tua-kan ->ikhsan, dan aku ter-bully

sabana sebelum cemoro kandang

yen tak sawang sorote mripatmu jane ku ngerti ono ati sliramu :D
selfie biar moodnya bagus

tanjakan hits, semua yg berbau cinta cepet nge-hits

gunung yg menyediakan pesona seperti dipantai *lovelove

segera ber-semi oro-oro ombo, verbena beautiful when bloom

senyum gaes :)

di ranupani lebih dingin ketimbang di atas, waktu itu