Pendakian Pertama, Merbabu Jalur Cuntel

Weekend terakhir sebelum Ramadhan diajakin temen buat muncak berempat doang, aku iya-in lah secara dari dulu aku pengen banget tuh yang namanya ndaki, dari sini awal mula cerita. Untuk ukuran aku yang baru pertama mau ngerti rasanya ndaki itu kayak gimana pastinya rempong dengan barang bawaan apa aja yang musti dibawa. Nah untung dalam setim ini ada 1 cewek lagi, namanya Aya, dia 2tahun lebih muda dari aku. Dari dia aku bertanya banyak hal mulai dari packing, medan, persiapan fisik, macem-macem pokoknya. Gak cuma info dari dia sih google juga, google lebih lengkap guys.

Rempong sih ga ada daypack yang agak gede, ga ada jaket polar, ga ada sleeping bag, ah santai aja pikirku, nyewa dong. H-1 bingung mau nyewa peralatan pribadi dimana, mana ga ada akses, ada sih tapi cukup jauh di deket kampus, arggh males kesananya, mana ini bokek juga. Alhasil pake ransel pribadi, jaket seadanya yang penting double, SB nya yang disewain sama grup.

Pas hari H, packing everything, semua list barang di check, packingnya dari yang ringan dibawah ke yang berat di atas, untuk barang yang sering dipake seperti wet tissue dan tisu kering taruh di kantong yang mudah dijangkau. Ini nih checklist barang bawaan gue, rempong ya, maklum anak cewek bawaannya lebih banyak ketimbang cowok.
checklist anak cewek

Sabtu jam 3 sore, cuus deh ketempat salah satu tim ngumpul dulu, ketemu face to face for the first time sama yang namanya Aya, soalnya kemaren-kemaren kontak lewat bbm, anaknya kecil boo sama kayak aku, wkwkw. Dia orangnya cerewet, orang dia ngomong sendiri yang bilang kalo dia-nya cerewet. Santai, aku juga cerewet kok kalau udah kenal. Nih penampakannya.
Ini foto di deket tenda(pos 2), soalnya ft sebelum pendakian ga ada

Hmmm, segera setelah kumpul dan sholat Asar dulu, perjalanan menuju Desa Cuntel dimulai, boncengan lah ya 2 motor, cowok yang jadi sopirnya. Lama boo, baru berangkatnya aja udah ngisi bensin 2 kali full lagi, kebayang kan ya jauhnya. Desa cuntel ini sekitaran Kopeng lah ya perbatasan Mgl-Smg. Jogja- cuntel kira-kira memakan waktu 3jam, pegeel bener, belum juga ndaki udah ngeluh, phew.

Sampailah disitu Magrib, sholat dulu di masjid terdekat, nyari plakat ga ketemu-ketemu ternyata kejauhan, putar balik, ah ini dia plakatnya, kecil gitu sih pantes ga keliatan, hari udah gelap pula. Sampai di basecamp, suasana dingin usah menyelimuti, brrr gilak, untuk aku yang belum pernah merasakan pendakian, ya ini super dingin.

Di basecamp Cuntel di data dulu, trus bayar pendaftaran 15ribu/@, 5ribu untuk parkir, 3 ribu asuransi, sisanya buat apa ya aduh lupa. Pendakian malam dimulai, jalan santai dengan ketawa-ketiwi dan ngobrolin banyak hal, MasyaAllah bintangnya keren sekali, kalau di rumah itupun dikegelapan cuma bisa liat ribuan, disini bisa liat jutaan bahkan milyaran bintang, really awesome *matabeningberkacakaca. Sayang gak difoto, tapi gak semua momen indah itu harus diabadikan lewat lensa kamera, lensa mata dan memori di otakmu itu sungguh mengagumkan dalam mengingat sesuatu yang menakjubkan. Akupun saat menulis ini tersenyum mengingat betapa banyaknya bintang-bintang itu, rasanya damai guys, ingin menangis haru syukur atas keindahan ciptaanNya.

Treknya naik, aku dikit-dikit minta break, sori lho ya tim, aku sendiri yang pemula dan akhir-akhir ini malah jarang jogging juga, bermodalkan ingin sekali mendaki. Belum juga nyampe pos 1, baru di pos bayangan 1 ada tempat gitu kayak gardu, rasanya boo berkunang-kunang, sekitar mulai menggelap-gelap, jarak pandang makin menyempit, keringat dingin, break dulu disini. Benar-benar tumbang, akhirnya dengan tatalaksana yang bagus, dengan saran-saran dari mereka, minum dulu, pake freshcare nih, pake salonpas-nya dihidung dan di leher belakang, makan dulu,sarung tangan-nya dipake, madu-nya mb buat energi, disini aku malah merasa bersalah sama tim, aku deh jadinya yang menjadi penghambat pendakian ini, hiks so sad. Oleh karena aku gak ingin perjalanan cukup sampai disini saja, semua saran mereka aku lakukan, btw rotinya berasa gak mau ketelan guys, kayaknya tubuhku menolak makanan gitu, namanya juga orang sakit ya, disini breaknya agak lama nugguin aku pulih dulu, thankyou lho ya. Eh, mereka juga nawarin tasku dibawain aja, biar bener-bener pulih dulu katanya, aku sih mau-mau aja ya, kan makin enteng nih badan, hehe, tapi rasa bersalahnya berat bro, tapi tetep sih tasku akhirnya dibawain sama Pendi(temen kecilku, dia juga yang ngajakin ndaki), tenkyu lho ya, dengan sekuat tenaga dan tekad untuk sampai puncak, perjalanan dilanjutkan. Fyi aku emang cuma sarapan aja sih seharian, belum makan siang dan malem, lack of glucose kali ya ini aku-nya atau mungkin juga adaptasi tubuh dengan suasana baru.

Bener-bener enak kalau ndaki ga bawa barang bawaan apa-apa, enteng bangeet, lain kali kalo ajak aku gak usah bawa barang apa2 aja ya, maunyaaa :3

Aku nemu pelajaran baru disini, berasa mos SMA lagi, tiap kali ketemu rombongan lain pasti dan selalu ada sapaan hangat yang entah itu “duluan mas/mb” “mari mas/mb” “semangat mas/mb” “ayo mz/mb puncak 5 menit lagi”(iki ngapusi banget), pokoknya cem-macem-lah sapaan semangatnya, suka bener deh dengan suasana yang hangat gini. Tapi tiap kali nyalip atau kesalip pasti nantinya juga bakal nyalip/disalip balik lagi, “mari mas, duluan yak” “nggih monggo mas, mangke juga tak salip lagi mas” hahaha bener aja guys, 5 menit kemudian pas timku break “lho mas, ketemu meneh, wis tak salip genti to” wekekeke.

Beberapa meter setelah pos 1, break makan, belum juga ngecamp, udah laper aje boo, si Darul seharian juga belum maem soalnya, akhirnya bongkar nesting, bikin deh popmie, bikinnya 1 doang yang makan ber-3, aku pengen minta juga tapi kok kayaknya tu anak laper banget, yawis kuurungkan untuk bergabung, toh aku cukup kuat soalnya ga bawa tas juga :P.

Tiap kali ada angin lewat, wuuuz gitu, brrr dinginnya ga nahan boo, kayak disiram air es. Kalo kata masnya yang nyalip pas ada angin wuuuz “angine segeeer mas”, beeh -_-, kebanyakan manggilnya mas-mas mulu soalnya mayoritas pendaki emang cowok.

Sekitar 00.00 sampai juga di pos 2, naik dikit ada dataran yang bisa buat ngecamp, bikin deh tenda disitu, sebelah juga ada rombongan lain, tapi datarannya gak segede di pos 3 sih, hanya cukup untuk 2 tenda ini. Oi tau ga? Mana ini bikin tendanya rempong bener, pake acara salah lagi masangnya, kan harusnya yang di bikin dasarnya dulu, eh ini malah tudungnya dulu, laaah, bikin lamaa dan malam makin dingin. Dengan kesabaran yang ekstra dan semua ikut bikin tenda, akhirnya jadi juga, walaupun gak perfect amet yang penting bisa deh buat tidur. Sebelum tidur semua maem dulu, lumayan buat angetin badan. Menjelang tidur semua berubah pake kostum terhangatnya masing-masing plus SB, sayang SBnya cuma nyewa 2 untuk ber-4.

Seriusan dinginnya minta dipeluk wkwk salah fokus, ekstremitas atas dan bawah mati rasa, padahal udah pake kaos kaki doble, sarung tangan doble, tetep aja dinginnya nembus. Kualitas tidurnya minus banget, palingan tubuh yang beneran tidur 2-3jam, sisanya compos mentis(sadar penuh), tergantung individu juga, itumah aku.

Bangunnya jam 5an tergantung individu sih, aku sih jalan-jalan di dinginnya pagi, eh aku pipis juga dink, ya jangan ngarep nemu toilet di hutan belantara gini, pipisnya di semak-semak, untung masih pagi buta jadi gak rame deh jalanan situ, don’t forget to bring ur wet tissue and dry tissue, pengganti air, soalnya airnya di irit banget. Btw aku kan pas itu lagi mens hari ke4-5 gitu jadi lagi ga ibadah, lagian udah hari-hari akhir jadi tinggal yang flek-fleknya aja kok, aman.
semak-semak

Menikmati langit yang mulai memerah, menikmati pemandangan dibawah sana, dan satu lagi yang sudah dinikmati sejak menginjak basecamp yaitu suasana dinginnya.
pagi di pos 2

Demi mengisi kekosongan lambung bikin deh hot chocholate, 2 cup buat ber-4, hmm sedaap. Dilanjut dengan mie 2 porsi buat ber-4, pokoknya kita itu logistiknya satu untuk semua-lah.

Jam 8 bersiap untuk perjalanan muncak, preparenya dandan dulu lah ya biar ga lusuh, ganti pakaian, bersih2 dulu lah intinya, pake handbody ber spf, kalo ada pake sunblock tp sayang waktu itu gak ada yang bawa jadi ga ada yang bisa di cumi-in. Eh, gara-gara gak pake sunblock ini sampai rumah H+2 muka jadi pertamanya memerah, trus kusem, kebakar, gosong gitu, since that day I promise to bring sunblock in another adventure.

Muncaknya bawa 1 ransel aja yang paling kecil dan itu ransel-ku, yang bukan ransel buat pendakian memang, untuk pendakian pertama seadanya dulu lah ya, yang penting sekarang udah ngerti gambarannya gimana. Ranselnya diisi perlengkapan yang vital banget seperti semua logistik, air, tisu, dompet, hp, dll. Tapi saran yang baik jangan ninggalin barang dibawah mending dibawa semua ke puncak, tapi kitanya ngirit tenaga jadinya ya gitu deh inovasinya.

Semangat ‘45 buat naik sampe ke puncak, energinya si Aya super sekali, tu anak energik banget, dia kalo ndaki selalu didepan, aku-lah yang paling ngos-ngosan kalo naik plus paling boros dalam hal air minum. Nyampe pemancar berasa oase, hijau everywhere, kece badai. “puncak e sik endi sih?” “kae sebelah sono” “waduh ijih mudun, munggah, munggah, belok, …” “yo semangat pucuk, pucuk, eh puncak puncak”.

Perjalanan berlanjut, air mulai menipis, ketemu deh dengan rombongan Sleman dan Jepara mereka ber-4 juga sebelumnya emang kita udah salip-salipan dan ada obrolan renyah diperjalanan, baiknya mereka mau bagi air minum, rasa syukur itu ada di seteguk air mineral, sungguh nikmat Tuhan-mu yang mana yang akan kau dustakan, Dia memberimu apa yang kau butuhkan, right? disaat yang tepat dengan perantara orang yang tepat pula. Kita muncak bareng dengan rombongan mereka, break ya break bareng, pokoknya saling tunggu menunggui. Ini lho persaudaraan yang belum pernah aku temui sebelumnya persaudaraan yang berbeda, cepat akrab karena merasakan beban yang sama, dengan satu tujuan yang nyata.
our togetherness

Oh ya guys, ini ada jembatan setan katanya, sebelum ini aku sempet nyari di google gambarnya kayak ngeri gitu, tapi faktanya enggak kok, itu yang motoin agak dibikin efek hiperbola aja, tapi tetep hati-hati ya itu emang pijakan kakinya cuma berdiameter sekitar 15-20cm mungkin ya, yah lupa-lupa inget sih.

Bentar lagi puncak, yeay….

Disetiap perjalanan nemuin bunga eidelweis/bunga keabadian katanya. Sayang bunganya belum mekar.

Bunga eidelweis yang belum mekar

This is it puncak klentheng songo Mt. Merbabu 3.142mdpl, waah akhirnya, emejing.

Diatas sini, terlihat banyak gunung-gunung, dan aku mulai bingung menebak-nebak itu gunung apa aja, bahkan arahpun aku gak paham. Awannya look like sejajar dengan posisi kita, aaa diatas awan, awesome! Masya Allah indah, this view cant describe by words, you see it u can feel it.