Sumbing via Banaran

Sehabis semeru belum lagi nanjak, soalnya duit e terkuras abis haha, walaupun waktu itu ada yg nge-bos-i. Well, H-1 temen desa sebelah ada yg ngajakin nanjak. Aku sih yes kalo diajak. Berangkatlah kita ber2 doang dari jogja, mepo di alun-alun temanggung. Temen yang lain udah stay disana sejak semalem bekasi 2 cwek, solo 2 cewek cowok, 1 cowok entah darimana mungkin dari planet mars hehe.
Kuy lah kita sabtu pagi jam 6 sampe temanggung jam 10. Kok lama yaa, soalnya kita mampir2 dulu; persewaan, beli logistik, dan lagi gak tau jalan, pake gps. Lagi-lagi jadi navigator, ini menyebalkan  -_-.
Kumpullah kita di alfamart alun2 temanggung, mereka tinggal nungguin kita doang. Duh, maapkeun gaes.
Waktu itu cerah, Alhamdulillah. Sampe basecamp suasana dingin tidak begitu berasa. Kita disambut hangat sama penghuni basecamp disuguhi teh manis anget. Trus mbak-mbaknya bawa maem, maem gratis dulu, horee wkwk. Suasana masih belum begitu cair walaupun barusan udah kenalan tapi nama doang; mb uni, mb rosy, ntan ntun, zulfa, mz afif. Sedangkan temen desa sebelahku namanya akung tp dia disini dipanggil difky.
Btw di basecamp ada wifi gratis lhoo. Aseek . Tidak untuk kalangan umum sih, terbatas sebenarnya, passwordnya minta ke penjaga BC. Tp setidaknya bisa bikin story sebelum nanjak :p.
banyak ya, ini karena anak BC ikutan foto, yg nanjak mah cuma 7
Nanjak jam 11an, panaaas, benar sekali. Sebenernya dari bc sampai titik pos 0 bisa pake ojek bayar 20ribu. Sedikit bimbang mau pake ojek atau kaga, leader bilang ga usah buat pemanasan, okelah aku sih manut. Berdoalah kita, trus kuy. Sampai tengah jalan cewek-cewek ngeluh, dipesenin lah ojek 4. Ber-4 bayarnya 50. Lumayan banget sih nanjak jalannya dari bc ke pos 0 katanya sih 2kilo. Di pos 0 baunya semerbak harum pupuk lemi, kata mb uni bau trasi, haha. Medan berat telah dimulai. Pemandangan sawah diawal, selanjutnya masuk hutan. Kemudian ketemu pintu gerbang pendakian, seperti di merapi.
Treknya tangga semua, ntaps pol lah, susah dideskripsikan pake kata. Jalani aja, ntar juga sampai. Beberapa langkah break, ya begitulah kalo ngajakin cewek, kudu sabaar wahai para lelaki. Emang dari sononya kita (kaum hawa) diciptakan sedikit lebih lemah ketimbang kaum adam, termasuk soal hati, duh malah kemana-mana, yang kemana-mana digendong kan carrier :p.
istirahat=selfi, cewek mah gitu

Sebelum pos 1 ada shelter isinya ada warung tp pas itu gak jualan, toilet ada bak airnya dan tempat sholat juga, lengkap gaes kayak tempat wisata, emang gunung jaman now kan jadi tempat wisata, ya kan. Disini kita istirahat lama sekalian antri sholat. Kenapa ga jamaah? Karena tempatnya sempit dan rapuh kayak hatiku *ew, takut-takut nanti kalo diisi berbanyak bisa roboh.
Jalan gak beberapa jauh nyampe pos 1 dan aku lupa apa nama posnya. Pos 2 namanya siwel-iwel lucu yak, entah apa artinya. Eh iya, baru tau ternyata 2 cewek yg dari bekasi ngapak2 bahasanya lucuk juga ini, beda dikit doang sih dari jawanya jogja, aku tetep paham kok yg  mereka maksud, tapi terkadang nanya kalo ga paham. Treknya mayoritas tangga mulu dari pos 1 ke pos 3, mirip escalator tapi kaga jalan :D.
Kita camp di pos 4 dimana mayoritas pendaki emang nge camp disini. Waktu itu sampai pos 4 sekitar habis isya, dinginnya brrr bikin kangen :3. Btw sebelum nyampe pos 4 ada tanjakan curam, kita harus berpegangan tali utk bisa melewatinya *sayang gak difoto hari udah gelap.
pendaki cantik :p
3 orang yang sampe pos 4 duluan ; aku, zulfa, intan. Langit cerah, indah gaes, bintang2 menghiasi langit malam yang makin membuat suasana syahdu, tp anginnya subhanallah kenceng bener makin susah bikin tenda. sambil nunggu anak2 yg dibelakang aku melakukan kewajiban ku kepada Tuhanku, sholat, jamak magrib-isya’. Sedangkan 2 orang yg lain bikin tenda mereka, yg pada akhirnya mereka tidur-i, tenda zulfa-intan.
Tak berselang lama temen2 yg dibelakang bergabung. Kuy lah bikin tenda cewek dan cowok. Tenda kaps 4 buat 3 orang cewek. Tenda kaps 2 utk 2 cowok. Lantas bikin hangat2; kopi,susu,coklat, mie. Perut sudah terisi, saatnya tiduur Zzz.
Esok paginya bangun kesiangan sekitar jam 5.30, sholat, bikin minum, lalala nanjak jam 8. Asli waktu summit aku laper banget, kaga bikin makan soalnya. Tp tetep bawa nesting, cemil, mie.

cerah di bulan penghujan, rejeki tersendiri
Hallo mentari
Sumbing tanjakannya gak ada ampunnya, tapi view dan dan dinginnya luar biasaa. Sepanjang tanjakan ini perutku bunyi mulu, duh dasar cacing2 pada demo minta makan, maklum saya anaknya “ngelih-an”.
tanjakan ga ada ampun. pegangin perut yg kelaperan -,-

Lagi ngobrol dengan pendaki lain, udh deket segoro banjaran, dekat dimata jauh dilangkah
Nanjak dikit, bonuuus, sabana banjaran luar biasa cantik. lantas lanjut ke kawah, kawahnya masih aktif gaes, bau belerang juga tapi gak terlalu mencolok hidung. Disitu juga kita bikin mie, lapvar gaes.
serasa dipermadani, gulung2 enak nih :p

Lanjut ke segoro wedi(pasir), tapi kita ngeliatin dari atas tidak turun. Otw puncak rajawali, seorang cewek mewek gegara ngerasa diputer2in sama leader, gak sampe2 ke puncak katanya, drama cewek haha.
kawah sumbing
segoro wedi

Nyampe dipersimpangan antara puncak buntu dan rajawali kita disuguhkan pemandangan yang luar biasa memanjakan mata. Dari posisi situ gari sakplinthengan nyampe puncak rajawali.
tenun pinjeman, kalo dengan pinjem udh bisa make, kenapa harus beli :p

Horee sampe juga di puncak tertinggi sumbing, puncak rajawali. Pepanas gaes, biar apa? biar eksotis :P. Logistik(baca:cemilan) habis, untungnya Allah memberi pertolongan, di puncak banyak pohon cantigi yg pucuknya merah2 itu lho gaes bisa dimaem rasanya asam2 gimana gitu. Aku sering nyemilin cantigi, enak :D.

Bosan dipuncak, turunlah kita ngikutin leader yang katanya bisa turun lewat jalur yang beda dengan pas nanjak. Eh belum nyampe 100m, kita disuruh putar balik. Jalurnya ekstrim gaes, mungkin maksud dia mau nyari jalur sendiri dengan kata lain illegal.
Balik kanan jalan grakk. Turunnya kita kehabisan minum, namun 1/3 sebelum nyampe camp ada sungai, adeem dah tenggorokan ini. Alhamdulilah, alam selalu menyediakan. Nyampe camp sekitar asar. Lantas sholat, dijamak. Kuy turun keburu malem.
sepanjang jalan turun menikmati senja :3

Baru kali ini saya turun malem2 dengan trek yg begitu terjal, pengecualian ketika di semeru karena trek semeru enak buat turun malem2. Menuruni banyaknya tangga yg agak licin karena kabut turun malem itu, mb uni terpeleset-peleset, drama lagi haha, cewek mah suka drama. Ceritnya kan mb uni ngerasa kalau sepatunya yg bikin dia terpeleset mulu makannya dia memilih utk cekeran/tdk pakai alas kaki apapun. Tapi kita melarang karena itu berkaitan dengan safety, you knowlah jalanan digunung kayak gimana ntar kalau kaki tubrukan dg batu lantas robek, kan kita juga yg repot, bukan masalah repot atau tidaknya tp sayang kan kakinya. Lantas waktu itu mb uni tukeran dengan sandal gunungnya mz afif, otomatis mz afif pake sepatu mb uni yg untungnya ukurannya sesuai walaupun agak kekecilan dikit.
Nyampe pos 0 sekitar jam 10, trus nungguin ojek. Wuah waktu itu kakiku lemas lunglai, rasanya udh ga ada tenaga lagi buat jalan.
Sampailah di BC jam 11, lantas sholat bersih2 trus tiduur. Rencananya rombongan jogja mau balik malem itu juga tapi ternyata fisik  blm pulih, mau istirahat bentar eh bablas nyampe subuh haha. Keesokan nya barulah kita pulang(jogja only), yg lain lanjut explore temanggung, mereka ke curug katanya. See ya guys …