Bikin SIM C tanpa Calo Itu...Sesuatu Banget



Pagi, jam 9AM aku stater motor menuju Puskesmas Kretek. Karena rame banget aku pulang lagi ngambil buku bacaan niatnya biar gak bosen nungguinnya. Aku menuju ke Puskesmas Bambanglipuro tak pikir gak rame. Eh ternyata sama, soalnya Senin emang hari sibuk -.-
Gakpapa yang ini aku ngantrinya lumayan gak panjang. Oh iya disana aku ketemu Hestu temen SMP dia habis kecelakaan lumayan parah banyak luka bakar masih baru gitu, jalannya sedikit terseok-seok dia menghampiriku, bersalaman kemudian aku menanyakan kenapa bisa kecelakaan, eh dianya gak tau harus jawab apa, soalnya sehabis kejadian dia langsung pingsan, yasudah, semoga cepat sembuh ya Tut :D
Disana ketemu juga dengan tetanggaku Tri namanya, cengengesan kae wonge ._.
Meluncur deh ke R.Pendaf, tenang, aku ga kenapa-napa  aku ke puskesmas cuma mau nyari surat sehat untuk syarat buat SIM. Ini nih yang harus kalian bawa : surat sehat, photocopy KTP, udah cuma itu doank. Trus ke loket kalo di Polres Bantul tempatnya paling ujung selatan agak ketimur dikit. Trus ngumpulin syarat tadi, tinggal nunggu dipanggil mbaknya, trus bayar 100rb, trus masukin kertas yang diberi mbaknya ke loket 1, ngisi data stopmap, trus dipanggil agar dapet no.peserta untuk ujian tertulis a.k.a teori. Di ujian teori ini disebut Avis(audio visual) kita tinggal pencet tombol A(warna merah untuk ‘salah’ disebelah kiri) atau B(warna biru untuk ‘benar’ disebelah kanan). Kita liat pertanyaan yang ada di LCD berjumlah 30butir, bisa lulus kalo min.benar 22. Kalo bisa lulus lanjut ke ujian praktek 1, kalo gak lulus ya dengan terpaksa mengulang ujian teori hari berikutnya. Di ujian praktek 1 ada 4 rintangan yang pertama cuma lurus aja tapi yang harus diperhatikan teknik2 kecil seperti kalo berhenti nyengkahnya yang kiri,  trus harus tengok kanan sebelum meluncur, hal-hal kecil ini yang kebanyakan bikin pada gak lulus termasuk aku -,- Alhasil aku harus ngulang hari besoknya. Kayaknya lebih gampangan pake matic deh. Rintangan yang kedua zigzag gitu, yang ke-3 angka 8 muterin dua kali, yang ke-4 huruf U. Kalo lulus lanjut ke ujian praktek 2, yang ini langsung dibiarkan dijalanan tapi rutenya aku belum tau. Kalo udah lulus lanjut deh ngisi formulir, foto. JADI. Bagi mereka yang bisa lulus, super sekali :D
Lanjutan...hari kedua ujian praktek gak lulus lagi, esok hari adalah hari terakhir untuk mengulang ujian praktek, jalan terakhir untuk dapet SIM adalah lewat calo pada akhirnya. Jadi total pengeluaran adalah 230rb lumayan deh dibandingkan punya temenku 350rb yang sama-sama lewat calo   v(^o^) 

Komentar