Merapi Via New Selo

Caption untuk perjalanan kali ini “ra melu nek ra nebeng” “sunset dan sunrise yang aduhai” “bakal rindu nih” “semangat muncak karena seberang ada pemandangan indah bingit, merbabu” “turunnya jadi obat nyamuk, tapi mayaan lah ya bisa liat kemesraan(depan gue -___-)”

Weekend lebaran diajakin ndaki ke merapi, aku sih ayuuk aja. Aku diajakin mas edi(temen pendakian via prau), kita jadinya jalan ber-6;aku, mz edi, mz salo, mb fitri, mz ryan, zunan. Alhamdulilah ya dapet tebengan, kalo gak dapet kan gagal ikut, aku nebeng mz ryan temennya mz salo.

Kumpul di paseban jam 8, berangkat jam 9an. Yah biasalah ya awalnya kenalan dulu satu-satu. Disitu aku cuma kenal mz edi aja, yg lain ya baru liat hari itu.

Paseban-basecamp selo sekitar 2jam lebih lah ya soalnya mampir-mampir dulu; makan, jajan, sholat. Sholatnya di qasar sekalian dzuhur-asar. Cek perlengkapan, cek anggota, pipis, beli tiket masuk, berdoa bersama, nanjaaak. Dari basecamp jalanan langsung nanjak yah cukup terjal, tp jalanan masih beraspal. Pemanasannya lumayan banget dah, sekitar 30menit nyampe ada tulisan new selo dibikin kayak tulisan Hollywood, sayangnya aku lupa motoin. Di situ ada tempat wisata juga sejenis gardu pandang, tempat maem, tempat tongkrongan. Hosh hosh, btw aku pas hari itu pilek jadi dijalanan aku sering buang ingus tp pake tisu ya kemudian sampahnya dikumpulin diplastik, karena buang sampah sembarangan itu gak asik. Temen2 lain pada illfeel haha, maapkan genk.  Nyampe di tulisan new selo ternyata belum apa2nya, terus nanjak di jalanan yang udah dicor, lumayan juga ini akhirnya nyampe pintu gerbang TNGMerapi setelah sekitar 30menit jalan dari new selo. Breaaak dulu, gak usah terburu, ngetrip itu dinikmati aja, apalagi kalo bareng cewek yaah sabar aja nungguinnya.

break itu=foto :v

mangat ini baru pintu gerbang TNGMerapi

Naek dikit jalanan udah sempit-sempit kanan kiri pohon, hmm ijonya enak buat dipandang. Bentaran udah nyampe pos 1. Dari pos 1 ke pos 2 pemandangan sebelah mulai aduhai, merbabu ngawe2, cantiik bener, kalau ada pemandangan kayak gini semangat ke tempat yg lebih tinggi itu makin menjadi-jadi.

makin semangat dah buat nanjak lebih tinggi

Selpi latar belakang merbabu ituu ajiiib

Treknya merapi mayoritas jalanan kerikil, batu, tanah kering licin, jadi ya super hati-hati dalam melangkahkan kakimu, watch ur step. Santai, perjalanan itu dinikmati. Alhamdulilah ya masih punya 2 mata yg mampu melihat dengan jelas keindahan Sang Maha Pencipta yang begitu memanjakan mata, syukur atas karunia ini.

iya gak salah kita tadi lewat trek ini, ajibb kan

Sekitaran pos 2 hari udah mulai remang, sunsetnya cantik bangeet, hawa mulai dingin juga. Tiap kali angin berhembus brrr seger men haha.
awesome sunset

iyaap mulai dingin dan mulai lapva, madurasa menyelamatkanku
Kita ngecamp di atasnya pos 2 sebelum pasar bubrah, bikin tenda sekitar magrib. Brrr tenan, awalnya pasang tenda di ruang terbuka tapi kemudian pindah nyari yg ada banyak pohonnya. Btw di merapi patok tidak berguna sama sekali, tau sendiri lah ya permukaannya bebatuan jadi ya pake pemberat aja, nyari batu-batuan. Yap, 2 tenda udah berdiri, yang cewek masak(mb fitri dink), kemudian karena gabut yaudah sholat magrib jamaah sama mb fitri, pake mukena ituuu lumayan banget bikin gak adem. Btw disitu bintangnya banyak aneet, rasanya pengen rebahan disitu melihat bintang tapi dingin coy, niatan tinggal niatan. Bergegas masuk tenda. Satu tenda kaps 4 dan satu tenda kaps 2. Kaps 2 diisi cewek;afi, mb fitri,zunan. Tp karena berasa sempit mb fitri pindah ke tenda sebelah. Biar gak dingin bikin anget-anget;kopi, susu, energen, dll. Denger azan isyak bergegas isyak, masih jamaah aku dan mb fitri, sholatnya ke tempat yg lebih lapang, sambil liat bintang, uwuwu.

Masak maning, gawe sego+endog goreng, haha ancuur sih, tapi tetep enak soalnya lapvar sangat. Btw kokinya cowok, mana ngocok telurnya di cangkir, pas cangkirnya mau dipake buat bikin minum jadi amis, iyuuh, padahal ada tempat lain yg nganggur, kaaan -___-

Slalu ya sebelum tidur emang kebelet pipis, yak ngajakin mb fitri nyari semak, selepas pipis itu rasanya legaa banget. Otw tidur, wis do mlebu ning SBne dewe-dewe. Karena aku gabut belum bisa tidur alhasil baca al quran, bentaran doang, bukan gimana-gimana, walaupun lagi ngetrip jangan lupa baca quran, sekedar pembiasaan soalnya kalo gak gitu ntar jadi males baca. Tiduur, mainin dulu lagu pengantar tidur 30menit. Tidur ditenda emang slalu gak bisa pulas, tp lumayanlah bisa tidur, dinginnya nembus walaupun udah pake SB sekalipun. Eh sekitar jam 11an tenda sebelah malah do curhat, aku tak ngrungoke wae sih, meh nimbrung tapi kok jauhan, yowis silent reader wae. Curhatane cem-macem; cinta, usaha, utang, masa depan, ngomongke uwong barang -_____-

Banguuun! Denger alarm dari hp sendiri, denger azan dari desa seberang. Bergegas untuk sholat shubuh, kali ini gak jamaah dan lokasinya deket-deket tenda aja, gentian mb fitri, aku. Habis sholat yg masak ya masak yg jalan-jalan ya jalaaan deh :D. Aww sunrisenya keren semburat jingga, rasanya ingin berdiam diri disitu sampai matahari nongol penuh tapi apalah daya dinginnya udara mendorongku untuk kembali ke tenda.
sunrise ^o^/

habis hunting kemudian suhu tubuh turun, bbrrr

Yuuk ah muncak :D

Sekitar jam 6 nanjak otw ke pasar bubrah, pastinya setelah perut keisi mie dan energen. Enteng bener ya nanjak gak bawa ransel, mau dong diajakin nanjak tanpa barang bawaan, wkwkw. Cuma deketan kok jam 7 udah sampe ke pasar bubrah, kita taat aturan jadi ya gak muncak :p, padahal sih karena males naeknya masih 1jam dari pasar bubrah dan liat treknya aja udah dalem ati bilang "gak usah muncak, sampe sini aja"
Otw pasar bubrah

Trek bawah pasar bubrah

Hellow, dipasar bubrah viewnya amazing, melihat lawu dengan awan yg berarak-arakan didekatnya, merbabu aww dket bener terpampang jelas didepan sana, sindoro-sumbing-prau, udah kangen prau aja :3, andong, pokoknya bermacam-macam gunung bisa terlihat jelas disitu, alhamdulilah karena cuaca cerah hari itu, awesome pokoknya.
yeay we're here :O

mz salo ki marake ngakak kok

jare sik motokke"koyo kademen fi" "njak kademen tenan je"
kalo mau foto selalu adaa aja pengganggu

Gak usah lama-lama lah ya disitu, adeem je ijihan. Turuun. Sepakat turun jam 9, bongkar tenda, packing, otw jalan turun. Kebayang jalan nanjaknya aja kayak gitu turunnya musti super duper hati-hati, karena kerikil, batu dan permukaan tanahnya gampang bergeser. Turunnya kita emang gak segerombolan utuh karena langkah turun kita ternyata beda-beda, aku ngikut rombongan yg dpan rombongannya mz salo dan mb fitri, mayaan dadi obat nyamuk haha. Jalanan turun itu licin, bukan licin karena sehabis ujan kayak pas di prau tapi licinnya tanah kering. Bener aja mb fitri berulang kali jatuh bangun, gapapalah kan ada pangerannya haha, elaah aku cuma bisa senyum2 sendiri kalau dengerin celotehan kedua orang itu. Yang satu baper yg satu gak baper kan masalaah tuh. Maklumin sih namanya juga usaha. Kita udah nyampe jauhan rombongan yg belakang belum nongol juga, yaudah break lama disini. Asiik nemu tempat pewe abis. Bisa liat mas-mas ganteng pada turun sambil memperhitungkan kecepatan langkah dan kapan harus ngerem, ah dizona situ emang harus perhitungan, kalo kagak mah nabrak. Sempet di-iseng-in mas2 yg turun "wah mbnya wenakk banget nih kayaknya disitu, mau dong mb gentian". Btw ini lokasinya di antara pos 1 ke pintu gerbang TNGMerapi.
tempat PW buat ngliatin mas2 ganteng :P

Ditungguin lama sampe sempet bikin sirup juga, akirnya 2 orang pasangan kakak adik nongol juga, tak berapa lama mz ryan jg nongol. Eh iya, mz ryan ini ternyata baru pendakian perdana jadi ya maklum kalo jadi kura-kura, hihi. Udah lengkap mari turuun, aku emang semangat kalo turun lumayan bisa menyamai langkah mereka tapi kalo nanjak mbok tulung dienteni, hehe. Rombongan depan jadi berubah lagi;zunan, mz edi, aku. Well akirnya break agak lama di bawah new selo nungguin bentar udah nongol mz salo sama mb fit, nungguin mz ryan lamaa bener, akire disusul ro mz salo jebul e mz ryan ki maem sikik ning new selo, hadeeh, oke kita maklumin kok. Di basecamp kita transitnya gak lama, langsung cuss pulang, mampir masjid dzuhur, pulang deh, aku turun paseban aja, soalnya masku udh tak suruh jemput. Sholat asar trus pulang, eh ditraktir bakso dulu dink sama masku tau bener adeknya laper, masku pancen apikan kok u,u.

Waktu turun trek merapi aku sempet bilang gini karena gemes sama treknya merapi "ah uwis ah aku merapi pisan wae", dan nyampe rumah berubah pikiran "aku pengen merapi meneeh, someday".